nusabali

Belum Terjadi Lonjakan Arus Balik

  • www.nusabali.com-belum-terjadi-lonjakan-arus-balik

Data dari Terminal Mengwi, pada H+2 total penumpang yang datang sebanyak 1.298 orang dengan diangkut 60 armada. Sedangkan yang berangkat 1.879 penumpang dengan 68 armada.

Petugas Periksa Identitas Penumpang Bus di Terminal Mengwi


MANGUPURA, NusaBali
Suasana arus balik di Terminal Mengwi setelah Hari Raya Idul Fitri 1440 H/2019 sudah menunjukkan tren peningkatan, walaupun belum signifikan. Justru keberangkatan penumpang dari terminal tipe A satu-satunya di Bali ini jauh lebih banyak ketimbang yang baru datang. Disisi lain, aparat gabungan mulai memperkatat pemeriksaan kelengkapan identitas terhadap para penumpang yang baru tiba.

“Iya, arus balik belum signifikan. Dari sisi tren memang sudah menunjukkan peningkatan. Namun, masih lebih banyak penumpang yang berangkat daripada penumpang yang datang. Padahal, besok (hari ini) perkantoran sudah buka. Prediksi kami hari ini (kemarin, red) puncak arus balik. Tapi saya lihat masih normal belum ada lonjakan,” kata Koordinator Terminal Tipe A Mengwi Cok Agung Suarmaya, Minggu (9/6) kemarin.

Menurut Suarmaya, faktor ini bisa saja karena bersamaan dengan libur sekolah. Dengan demikian, pemudik sengaja memanfaatkan masa liburan di kampung halaman lebih lama. “Tapi kemungkinan Senin pagi akan banyak yang datang. Sebab, trennya begitu dini hari atau pagi, bus dari luar Bali tiba di Terminal Mengwi,” terangnya.

Sementara mengenai keamanan di dalam terminal sendiri, pihaknya mengucap syukur sejauh ini berjalan dengan baik. Pengamanan dari unsur TNI/Polri dan instansi lainnya dinilai sangat membantu, sehingga semua berjalan dengan kondusif.

Data dari pihak terminal, pada H+2 total penumpang yang datang ke di Terminal Mengwi sebanyak 1.298 penumpang dengan 60 armada. Sedangkan total jumlah penumpang yang berangkat menuju kota-kota besar di pulau Jawa, mencapai 1.879 penumpang dengan diangkut menggunakan 68 armada.

Pada bagian lain, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Badung akan memperketat penjagaan di Terminal Mengwi. Hal ini untuk mengantisipasi masuknya warga dari luar Bali yang masuk tanpa identitas. Untuk giat ini sebanyak dua pleton atau sekitar 60 personil Satpol PP telah disiagakan. “Dari kemarin baru pengawasan saja. Artinya pengawasan tapi baru sifatnya sumpling, Senin besok (hari ini, red) baru menyeluruh,” kata Kepala Satpol PP Badung IGAK Suryanegara.

Tidak saja personil Satpol PP, pengetatan penjagaan khususnya di Terminal Mengwi turut melibatkan unsur TNI,  Polri, Dishub, Disdukcapil, Dinas Sosial dan instansi terkait lainnya. Selain akan melakukan pemeriksaan kelengkapan identitas terhadap penumpang yang baru tiba di Terminal Mengwi, akan dilakukan pula pemeriksaan tes urine. Untuk tes urine akan dilakukan langsung oleh BNN Badung.

Demi efektifnya pemeriksaan, terangnya lebih lanjut, personil akan dibagi dalam dua shift. Shift pertama dari dari pukul 02.00 Wita hingga pukul 06.30 Wita. Selanjutnya, shift kedua personibdari pukul 07.00 wita hingga 12.00 wita. “Untuk kekuatan personil ada dua pleton. Kurang lebih 60 orang,” imbuh Suryanegara.

“Dari hasil pemeriksaan yang kita lakukan hari ini (kemarin) rata-rata lengkap. Dari penduduk yang wajib KTP yang masuk/datang sementara sudah punya identitas,” ungkapnya. *asa

Komentar