nusabali

Jajanan Dan Minuman Khas Bali Yang Wajib DiCoba

  • www.nusabali.com-jajanan-dan-minuman-khas-bali-yang-wajib-dicoba

Bali merupakan salah satu destinasi wisata di Indonesia yang sangat menawan. Turis lokal dan internasional pun telah mengakui keindahan alam dan kekayaan budaya yang dimiliki oleh pulau ini. Tak hanya itu, Bali pun memiliki jajanan dan minuman khas yang wajib dicoba oleh para turis dan pendatang.

Mahasiswi Ilmu Komunikasi Universitas Udayana

Jajanan dan minuman khas ini tentunya memiliki harga yang terjangkau dan dapat ditemui dengan mudah di kawasan pasar tradisional bahkan di restaurant yang menyediakan jajanan dan minuman khas ini sebagai salah satu menunya. “Jajanan dan minuman ini belum pernah saya temui di daerah asal saya”, kata Yovela, seorang mahasiswi rantau Universitas Udayana. 

Berikut beberapa jajanan dan minuman khas Bali yang wajib dicoba saat berkunjung ke Pulau Dewata ini :

1. LAKLAK 

 
Laklak merupakan jajanan khas Bali yang disajikan dengan taburan parutan kelapa dan gula aren cair. Teksturnya yang lembut dan juga manis membuat laklak cocok sebagai camilan. Laklak khas Bali ini mirip dengan serabi pada umumnya, namun dalam ukuran yang lebih kecil. Adonan laklak terbuat dari bahan-bahan seperti daun suji atau daun masak, dicampur tepung beras, dan tidak lupa gula. Proses membuat laklak terbilang masih tradisional, karena masih menggunakan kayu bakar pada proses pembuatannya. Laklak sendiri dijual seharga mulai dari Rp3.000,- sampai dengan Rp5.000,- per porsi yang terdiri dari 4 – 5 buah laklak. Rasa manis dari gula aren dan taburan parutan kelapanya merupakan ciri khas dari laklak.

2. ES DALUMAN

 
Minuman menyegarkan yang menjadi salah satu minuman khas Bali yakni Es Daluman. Es Daluman disajikan dalam gelas yang terdiri dari cincau, santan, gula merah, dan juga es. Es Daluman merupakan minuman olahan sama sama seperti es cincau, namun pembedanya terdapat pada tambahan gula merah pada proses pengolahan cincaunya. Tak hanya nikmat tapi juga bagus untuk melancarkan pencernaan. Harga per gelas Es Daluman yaitu Rp5.000,-. Harga yang sangat terjangkau untuk menikmati kesegaran dan kenikmatan Es Daluman di tengah panasnya cuaca di Bali.

3. ES GULA 

 
Selanjutnya adalah minuman segar yang mudah kita jumpai di warung-warung tempat makan di daerah Bali. Es Gula yang komposisinya yakni es, gula, irisan jeruk nipis dan sirup berwarna yang mempercantik tampilannya. Es Gula memiliki beberapa warna tergantung sirup yang digunakan oleh si penjualnya, seperti warna merah dan hijau. Rasanya yang manis dan segar membuat Es Gula kerap dipilih sebagai minuman pelepas dahaga. Harga yang dapat dijangkau untuk menikmati segelas Es Gula yaitu Rp3.000,- saja. 

4. LUPIS

 

Jajanan manis yang juga wajib untuk dicoba adalah Lupis. Lupis yang berbahan dasar ketan ini sangat mudah dijumpai di Pasar Tradisional dan warung jajanan lainnya. Lupis biasa disajikan dengan taburan parutan kelapa dan gula aren cair membuat lupis semakin nikmat untuk dimakan. Teksturnya yang lembut dan rasanya yang manis membuat lupis menjadi salah satu jajanan yang juga dicari saat berada di Pulau Bali. Pada Umumnya, lupis berbentuk segitiga dengan ukuran masing-masing tergantung si penjual sajikan. Kisaran harga yang harus dirogoh oleh pembeli yaitu Rp3.000,- sampai dengan Rp5.000,-. Dengan harga yang terjangkau, pembeli sudah bisa menikmati lupis ketan yang manis dan enak.

5. PISANG HIJAU

 
Jajanan terakhir yang wajib dicoba saat datang ke Bali adalah pisang hijau. Pisang hijau tidaklah sepenuhnya pisang yang berwarna hijau namun jajanan ini merupakan jajanan yang juga berbahan baku tepung beras. Adonan tepung beras disatukan ke setiap irisan pisang yang seolah mambuat pisang itu berwarna hijau. Pisang yang biasa digunakan yaitu pisang raja. Jajanan ini juga kerap disajikan dengan gula merah cair dan parutan kelapa dan tentunya jajanan ini memiliki rasa yang manis. Biaya yang harus dikeluarkan pembeli untuk menikmati jajanan ini yakni berkisar antar Rp3.000,- sampai dengan Rp5.000,-. 

Itulah beberapa jajanan dan minuman khas Bali yang wajib kamu coba saat berada di Bali. “Rasanya manis biasanya saya jadikan cemilan”, tutur Amanda, salah seorang pembeli jajanan tersebut. Sebagian besar jajanan tersebut memiliki cita rasa yang manis dan sangat cocok untuk dijadikan hidangan penutup atau hanya sekadar untuk makanan ringan. “Minumannya sangat menyegarkan, harganya sangat terjangkau”, ucap Samuel, penikmat minuman khas Bali diatas. 


*. Tulisan dalam kategori OPINI adalah tulisan warga Net. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

loading...

Komentar