nusabali

Tarif Pemerintah Trump Dikeluhi

  • www.nusabali.com-tarif-pemerintah-trump-dikeluhi

Rusak Sistem Perdagangan Global

WASHNGTON, NusaBali

Peningkatan tarif impor dan langkah-langkah lain yang diambil oleh Washington ‘merusak sistem perdagangan global,’ meningkatkan pembatasan perdagangan barang dan jasa, serta menggerakkan siklus respons perdagangan pembalasan, Dana Moneter Internasional (Dana Moneter Internasional/IMF).

"Langkah-langkah tarif kemungkinan tidak akan efektif dalam mengatasi defisit perdagangan bilateral dan akan merusak AS serta ekonomi makro global," kata IMF dalam sebuah pernyataan Kamis (6/6) waktu setempat setelah mengakhiri konsultasi Pasal IV tahunannya untuk meninjau ekonomi AS.

"Daripada memperluas hambatan tarif dan non-tarif, AS dan mitra dagangnya harus bekerja secara konstruktif untuk mengatasi distorsi dalam sistem perdagangan," kata IMF, seraya menambahkan bahwa ‘sangat penting’ bahwa ketegangan perdagangan AS-China ‘cepat diselesaikan’ melalui perjanjian komprehensif yang memperkuat sistem internasional.

"AS akan mendapatkan keuntungan dengan bekerja sama dengan mitra internasional untuk memperkuat sistem perdagangan multilateral yang berdasarkan pada peraturan," kata pemberi pinjaman internasional yang berbasis di Washington itu.

Christine Lagarde, direktur pelaksana IMF, mengatakan bahwa ketegangan perdagangan antara AS dan mitra dagangnya ‘mewakili ancaman terhadap pandangan global’ dan ‘menciptakan dampak negatif penting’ kepada negara lain.

"Agar ekonomi global berfungsi dengan baik, ia harus dapat mengandalkan sistem perdagangan internasional berbasis aturan yang lebih terbuka, lebih stabil, dan lebih transparan," kata Lagarde. "Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, tidak ada yang memenangkan perang dagang." *ant

Komentar