nusabali

Desa Seraya Timur Bangun Parkir Pura Rwa Bineda

  • www.nusabali.com-desa-seraya-timur-bangun-parkir-pura-rwa-bineda

Desa Seraya Timur, Kecamatan Karangasem membangun parkir Pura Rwa Bineda secara swadaya di lahan milik desa seluas 6 are.

AMLAPURA, NusaBali

Pembangunan diawali dengan meratakan lahan menggunakan eskavator. Krama sediakan parkir karena jumlah pamedek semakin ramai tangkil ke Pura Rwa Bineda.

Perbekel Seraya Timur, I Made Pertu menuturkan jalan menuju Pura Rwa Bineda di puncak bukit sejauh 2,5 kilometer kondisinya rusak berat. Sehingga menyulitkan pamedek menuju pura. Pihak desa hanya baru mampu buatkan parkir karena kendaraan pamedek parkir di kemiringan. Dijelaskan, jalan tanjakan menuju Pura Rwa Bineda sejauh 1,5 kilometer merupakan jalan kabupaten, rusak berat sulit dilewati kendaraan. Sedangkan 1 kilometer merupakan jalan desa.

Rencana dalam waktu dekat jalan desa sejauh 1 kilometer akan dibeton. “Nantinya hanya jalan desa saja yang mudah dilalui, sedangkan jalan kabupaten masih rusak. Kami berharap Pemkab Karangasem mengupayakan perbaikan jalan kabupaten itu,” harapnya, Jumat (7/6). Sehingga parkir akan nyambung dengan jalan kabupaten. “Sebenarnya jalan kabupaten itu sempat diaspal, tetapi telah lama. Makanya perlu dilakukan perbaikan kembali,” tambahnya.

Kelian Banjar Tanah Barak I Made Putra juga berharap jalan kabupaten yang rusak segera diperbaiki. “Kami telah beberapa kali usulkan perbaikan jalan melalui musrenbangdes (musyawarah rencana pembangunan desa),” katanya. Terpisah, Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR (Pekerjaan Umum Penataan Ruang) Karangasem I Ketut Prama Budarta mengatakan, pada APBD 2019 ada agenda perbaikan jalan rusak di Banjar Tanah Barak. “Hanya saja bukan di akses jalan menuju Pura Rwa Bineda. Rencananya ke jalan Pura Rwa Bineda perbaikannya tahun 2020,” jelas Ketut Prama Budarta.

Diakui akses jalan menuju bukit di Desa Seraya Timur banyak yang rusak. Begitu juga di Desa Seraya Tengah dan Desa Seraya Barat. Perbaikannya bertahap karena keterbatasan anggaran. Semua akses jalan yang rusak telah masuk usulan musrenbangdes, kemudian dirangkum dalam Musrenbangcam dan Musrenbangda. Perbaikannya dilakukan setiap tahun berdasarkan skala prioritas dan ketersediaan anggaran. Dinas PUPR karangasem mengapresiasi pihak desa swadaya buat parkir dan menganggarkan biaya betonisasi di jalur Pura Rwa Bineda. *k16

loading...

Komentar