nusabali

PKK Desa Kukuh Olah Bunga Teleng Jadi Teh

  • www.nusabali.com-pkk-desa-kukuh-olah-bunga-teleng-jadi-teh

Kader Toga (Tanaman Obat Keluarga) Asuhan Mandiri Segar Harum, Desa Kukuh, Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan, mengolah bunga Teleng menjadi teh.

TABANAN, NusaBali

Olahan produk tradisional yang baru dikembangkan beberapa bulan lalu ini, mampu mengajak masyarakat untuk mengkonsumsi teh secara rutin.

Khasiat teh bunga teleng yang diolah secara manual ini bisa membunuh racun yang ada dalam tubuh. Salah satu kader Toga Asuhan Mandiri, Ni Putu Pasmini,45, mengatakan, dirinya belajar membuat teh bunga teleng bersama 17 kader Toga Asuhan Mandiri Desa Kukuh dibantu petugas Puskesmas Marga II. "Awalnya kami hanya melihat di internet, dan kami langsung praktikkan,"ujarnya, Jumat (7/6).

Dikatakan, bahan pokok untuk pembuatan teh ini adalah bunga teleng yang didapat di sekitaran rumah. Cara membuat pun cukup sederhana. Pertama, menyiapkan air hangat yang telah mendidih segelas. Lalu, tiga kuntum bunga teleng dimasukkan ke dalam gelas. Setelah berwarna biru pekat, olahan itu dicampur gula yang telah direbus dan ditambah dengan air perasan lemon. "Kalau sudah dicampur lemon, warna rebusan tersebut berubah menjadi ungu. Setelah itu langsung diminum," beber Pasmini.

Ia menerangkan masyarakat Desa Kukuh yang telah mencoba teh bunga teleng ini rata-rata suka. Selain berasa manis, teh bunga teleng ini memiliki rasa segar. "Rata-rata masyarakat Desa Kukuh suka, apalagi anak-anak," aku Pasmini.

Ia menegaskan teh bunga teleng ini aman dikonsumsi atau  tidak membuat keracunan. Karena petugas Puskesmas Marga II sudah mengizinkan yang sekaligus menjadi pembina kader Toga Asuhan Mandiri Segar Harum.

Diakui Pasmini rata-rata kader Toga Asuhan Mandiri Segar Harum sudah mengembangkan teh bunga teleng. Setiap masyarakat sudah pernah mencoba bahkan ada yang sudah meminum secara rutin. Karena teh bunga teleng ini memiliki khasiat untuk membunuh racun dalam tubuh. "Usahakan kalau meminumnya itu setiap bangun bagi semasih perut kosong," tegasnya.

Kader Toga Asuhan Mandiri beranggotakan 17 orang terdiri dari ibu PKK ini, selain mengolah teh bunga teleng, juga membuat agar-agar dari bunga teleng. Bahkan juga membuat olahan sayur urap daun jepun. Dimana sayur urap daun jepun memiliki khasiat hilangkan gatal dikulit. *des

loading...

Komentar