nusabali

Koeman Siap Redam Ronaldo

  • www.nusabali.com-koeman-siap-redam-ronaldo

Ronaldo diakui Koeman menjadi faktor pembeda di tim Portugal. Ia memang pemain yang luar biasa. Ronaldo memborong trigol kemenangan Portugal 3-1 atas Swiss di laga semifinal.

Hajar Inggris, Belanda ke Final UNL


GUIMARAES, Nusa Bali
Pelatih tim nasional Belanda Ronald Koeman menyiapkan satu rumus jitu untuk menghentikan Portugal dan megabintangnya Cristiano Ronaldo, pada partai final UEFA Nations League, di Stadion Dragao, Porto, Senin (10/6) dinihari WITA.

Hal itu diungkapkan Koeman, setelah Belanda sukses menyingkirkan Inggris dari semifinal dengan kemenangan 3-1 lewat babak tambahan waktu di Stadion D. Alfonso Henriques, Guimaraes, Portugal, Jumat (7/6) dini hari WITA.

"Kami harus mengendalikan bola sepanjang waktu saat menghadapi Portugal, jika kami bisa melakukan itu, Cristiano Ronaldo tentu tidak bisa melukai kami," ujar Koeman, di laman resmi UEFA.

Koeman sendiri menilai Swiss sebetulnya tampil lebih baik di laga semifinal melawan Portugal, namun Ronaldo diakui menjadi faktor pembeda. Menurutnya, Ronaldo memang pemain yang luar biasa.

Ronaldo menjadi pencetak tiket final Portugal, setelah memborong trigol kemenangan 3-1 atas Swiss di laga semifinal. Namun Koeman juga memuji penampilan Frenkie de Jong yang dinobatkan menjadi pemain terbaik di laga melawan Inggris.

"Ia pantas untuk itu. Orang-orang selalu terpaku pada hal-hal yang dilakukannya ketika ia memiliki bola dan ketenangannya, namun ada juga sisi pertahanan yang ia mainkan dengan merebut bola. Dan ia melakukannya seolah-olah itu mudah," ujar Koeman.

Di sisi lain, bek Matthijs de Ligt juga tak luput dari sasaran pujian Koeman. De Ligt sempat melanggar Marcus Rashford dan berujung penalti yang memberikan keunggulan Inggris di babak pertama. Namun De Ligt membayar lunas kesalahan itu dengan mencetak gol penyama kedudukan.

"Setiap orang bisa saja melakukan kesalahan namun dia menyikapinya dengan luar biasa. Saya tak memberi wejangan apapun kepadanya saat istirahat dan turut senang ia bisa mencetak gol," pungkas Koeman.

Sementara Belanda akan menghadapi Portugal di final, Inggris dan Swiss akan terlebih dulu bertemu dalam laga perebutan tempat ketiga di Stadion D. Alfonso Henriques.

Tim nasional Belanda menundukkan Inggris 3-1 dalam semifinal UEFA Nations League yang harus melewati babak tambahan waktu. Marcus Rashford membawa Inggris unggul lebih dulu lewat eksekusi penaltinya, namun Matthijs de Ligt menyamakan kedudukan dan sebuah gol bunuh diri Kyle Walker disusul gol Quincy Promes memastikan kemenangan Belanda. *ant

Komentar