nusabali

Ribuan Wisatawan Serbu Tanah Lot

  • www.nusabali.com-ribuan-wisatawan-serbu-tanah-lot

Liburan serangkaian hari raya Idul Fitri 1440 H, 5 – 6 Juni 2019, ribuan wisatawan menyerbu DTW (daerah tujuan wisata) Tanah Lot di Desa Beraban, Kecamatan Kediri, Tabanan.

TABANAN, NusaBali

Puncak hari raya Lebaran selama dua hari itu, kunjungan wisatawan mencapai 28.245 orang. Kunjungan membeludak itu menjadikan pengawasan objek diperketat dengan menggunakan 32 CCTV.

Manager Operasional DTW Tanah Lot I Ketut Toya Adnyana menjelaskan, serbuan wisatawan memadati Tanah Lot sudah terlihat sejak H-2 lebaran. Kunjungan saat H-2 Lebaran 10.654, terdiri dari 6.587 wisatawan domestik dan 4.367 wisatawan manca negara.

Sedangkan H-1 Lebaran, jumlah pengunjung mengalami peningkatan menjadi 11.926, terdiri dari 7.345 wisatawan domestik dan 4.581 wisatawan manca negara. Saat Lebaran hari pertama, kunjungan meningkat menjadi 13.818 dan lebaran hari kedua menjadi 14.427. "Terpantau kunjungan wisatawan domestik yang lebih dominan," tegasnya, Jumat (7/6).

Dikatakan, sebelum Lebaran, kunjungan wisatawan manca negara lebih tinggi. Sebaliknya saat Lebaran, kunjungan wisatawan domestik mendominasi. "Sepertinya membeludaknya kunjungan akan sampai tanggal 9 Juni ini karena pas juga dengan weekend (liburan akhir pekan)," akunya.

Diterangkan Toya Adnyana, guna mempersiapkan membeludaknya kunjungam wisatawan saat Lebaran, seminggu sebelumnya sudah dilakukan persiapan di lapangan. Antara lain, berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk melakukan pengamanan di Tanah Lot selama musim libur Lebaran. Selain itu, dari segi keamanan, pihak pengelola juga lebih menyiagakan petugas keamanan di lapangan. Bahkan telah dipasang 32 CCTV di titik-titik rawan kepadatan. "Pemasangan CCTV dilakukan supaya bisa awasi penuh gerak gerik wisatawan agar keamanan bisa terjaga dengan baik," tegasnya.*des

loading...

Komentar