nusabali

Belasan Motor Sport Hangus Terbakar

  • www.nusabali.com-belasan-motor-sport-hangus-terbakar

Saat disiram air, percikan api menyambar ke sepeda motor yang di sebelahnya, sehingga menyebabkan api merambat dan membesar.

Diduga Korsleting Pada Salah Satu Motor, Kerugian Ditaksir Rp 3M


TABANAN, NusaBali
Sebanyak 12 unit motor sport dan vespa milik I Gusti Agus Yuda Tresna Pramana, 28, hangus terbakar di garase rumahnya di Jalan Kenanga Nomor 11, Banjar Tegal Belodan, Desa Dauh Peken, Kecamatan Tabanan, Jumat (7/6) dini hari. Kebakaran hanguskan puluhan motor ini diduga karena korsleting kelistrikan salah satu motor sport. Akibat peristiwa itu korban diperkirakan mengalami kerugian hingga Rp 2-3 miliar.

Informasi yang dihimpun, peristiwa itu terjadi sekitar pukul 00.30 WITA. Bermula dari orang tua korban, Ida Ayu Ketut Sarwati, mendadak bangun dari tidur karena mendengar suara ledakan cukup keras. Saat bangun itu salah satu sepeda motor Honda CRF 250 CC yang ada di garase bagian selatan dilihat terbakar.

Dalam keadaan panik Ketut Sarwati berteriak meminta tolong dan membangunkan suaminya, I Gusti Nyoman Sudiarta, dan anaknya selaku korban I Gusti Agus Yuda Tresna Premana. Dinihari itu mereka berusaha memadamkan api dengan menyiram air menggunakan ember.

Namun celaka saat disiram, percikan api menyambar ke sepeda motor yang di sebelahnya, sehingga menyebabkan api merambat dan membesar. Karena kobaran api cukup besar, sulit dipadamkan gunakan alat manual. Tak lama kemudian datang tiga unit mobil pemadam kebakaran memadamkan api tersebut. Kobaran api hingga menghanguskan atap garase dan 12 motor berbagai jenis itu baru bisa dipadamkan selama satu jam kemudian.

Akibat kebakaran dahsyat tersebut, 12 motor berbagai jenis hangus. Di antaranya 3 unit sepeda motor merk honda CBR 600 CC, 1 unit sepeda motor merk honda CBR 1000 CC, 2 unit sepeda motor merk Ducati Multi Strada, 2 unit Sepeda Motor merk KTM  500 CC, 1 unit sepeda motor merk Harley Davidson 1450 CC, 1 unit sepeda motor Kawasaki Ninja 1000 CC, 1 unit Vespa tahun 2018, dan 1 unit sepeda motor merk Honda CRF 250 CC tak bisa diselamatkan.

Kasubag Humas Polres Tabanan, Iptu I Made Budiarta, mengatakan sesuai dengan olah TKP, kebakaran dipicu karena korsleting kelistrikan pada sepeda motor Honda CRF 250 CC. Di mana saat kebakaran sepeda motor yang menjadi pemicu kebakaran ada di tengah-tengah atau baris kelima dari barat. "Api pertama kali dilihat dari sepeda motor Honda CRF 250 CC," ujarnya.

Dikatakan belum ditemukanya hal-hal yang mencurigakan mengarah kebakaran yang disengaja. "Belum ada indikasi mengarah kalau kebakaran disengaja sesuai olah TKP, karena biasa motor sport diakui korban rentan korsleting kelistrikan. Dan saat dipadamkan harus menggunakan air yang tekanan besar agar tak merembet," tegasnya.

Dengan kejadian itu korban sebagai pengoleksi motor sekaligus juga penjual motor sport ini mengalami kerugian diperkirakan Rp 2-3 miliar. "Korban juga tidak melaporkan kejadian tersebut dan menerima kejadian sebagai musibah," tandas Iptu Budiarta.

Pantuan di lokasi kejadian, beberapa warga dan pemilik motor masih melihat lokasi kebakaran. Hanya saja pemilik enggan untuk diwawancara. Mereka mengaku jika diwawancara dikhawatirkan mengganggu relasi mereka. "Maaf kami tidak mau diwawancara, agar tidak mengganggu relasi kami," akunya.

Sementara yang diduga orang tua korban di lokasi kejadian terlihat di lengan kiri ada balutan perban. Kemungkinan saat evakuasi terkena letupan api. Sedangkan garase tempat belasan motor sport dan vespa yang sudah tinggal kerangka itu ditutup menggunakan spanduk. *des

Komentar