nusabali

Aklamasi, Ida Bagus Japa Jabat Korwas SD SMP

  • www.nusabali.com-aklamasi-ida-bagus-japa-jabat-korwas-sd-smp

Pengawas SMP Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Karangasem, Ida Bagus Nyoman Japa, dikukuhkan jadi Koordinator Pengawas SD dan SMP Disdikpora Karangasem. Gelar itu disandang setelah ditunjuk secara aklamasi.

AMLAPURA, NusaBali

Pemilihan Korwas SD dan SMP Disdikpora berlangsung di Kantor Disdikpora Karangasem, Jalan Veteran Amlapura, Senin (3/6). Acara ini dihadiri 47 pengawas SD dan 13 pengawas SMP. Acara dibuka Kadisdikpora Karangasem I Gusti Ngurah Kartika. Dalam rapat itu, ternyata dari pengawas SD tidak memunculkan calon, sedangkan dari pengawas SMP memunculkan Ida Bagus Japa. Seluruh peserta rapat sepakat menggolkan Ida Bagus Japa. Pertimbangannya, yang bersangkutan adalah guru senior dan berprestasi. Baik semasih jadi guru maupun jadi pengawas. “Tidak ada yang memunculkan, mereka sepakat memilih saya,” jelas Ida Bagus Japa.

Ida Bagus Japa sebagai Korwas dinilai berhasil memotivasi guru-guru dalam hal mengimplementasikan delapan standar pendidikan. IB Japa ditunjuk jadi Korwas menggantikan I Gusti Ngurah Kartika. Sebab, sebelumnya Korwas dirangkap Kadisdikpora. Tugas-tugas Korwas di antaranya melakukan pengaturan tugas Pengawas Sekolah. Mengkoordinasikan seluruh kegiatan Pengawas Sekolah. Memberi pertimbangan dalam proses penetapan angka kredit Pengawas Sekolah sebagai bahan usulan kepada Kepala Dinas Pendidikan Provinsi/Kabupaten/Kota. “Intinya tugas Korwas memudahkan koordinasi antar pengawas mata pelajaran, pengawas sekolah, dan menjembatani ke Disdikpora Karangasem,” lanjut IB Japa.

Kadisdikpora Karangasem, I Gusti Ngurah Kartika mengatakan, setelah ditetapkan sebagai Korwas Disdikpora bisa langsung bertugas. “Walau secara legalitas sebagai Korwas mesti diperkuat SK Bupati Karangasem,” katanya. Sedangkan SK Bupati masih dalam proses. Terlebih lagi memasuki akhir tahun ajaran dan segera menuju tahun ajaran baru. Sehingga tugas Korwas beserta pengawas yang ada lebih optimal menjalankan tugas-tugas, dalam hal perekrutan siswa baru agar sesuai zona yang diberlakukan. Sebab, jika zona dilanggar, dampaknya siswa bersangkutan tidak masuk dalam dapodik (data pokok pendidikan). *k16

Komentar