nusabali

Kapolda Bali Janjikan Solusi Pertikaian Ormas

  • www.nusabali.com-kapolda-bali-janjikan-solusi-pertikaian-ormas

Pertikaian ormas yang terus saja memanas mendapat atensi khusus Kapolda Bali Irjen Sugeng Priyanto.

DENPASAR, NusaBali
Orang nomor satu di Polda Bali ini pun janji mencarikan solusi masalah ormas, dengan mempertemukan berbagai tokoh.

“Tadi (kemarin) saya sudah bicara dengan Gubernur Bali. Kami berencana  mengum-pulkan unsur pimpinan daerah dan tokoh masyarakat untuk mencari satu solusi yang lebih permanen,” ujar Kapolda Sugeng Priyanto saat ditemui NusaBali seusai acara jalan santai dan donor darah dalam rangka HUT ke-70 Bhayangkara di Lapangan Puputan Margarana Niti Mandala Denpasar, Minggu (5/6).

Terkait tewasnya anggota ormas dalam penyerangan di Desa batuan, Kecamatan Sukawati, Gianyar, Jumat (3/6), yang dilakukan tiga pria bercadar, Sugeng Priyanto meminta masyarakat bersabar menunggu hasil penyelidikan. Pihaknya juga tidak mau berasumsi dan menduga-duga bahwa insiden maut di Desa Batuan usai ritual melayat tersebut merupakan aksi balas dendam dari kelompok ormas lainnya. “Jangan menyimpulkan di depan. Kita tidak boleh curiga kepada siapa pun sebelum ada alat bukti dan keterangan saksi,” tegas alumnus Akpol 1983 ini.

Sugeng Priyanto juga mengimbau kelompok masyarakat agar tidak main hakim sendiri dalam menyelesaikan suatu persoalan. "Jangan menyelesaikan permasalahan sendiri di luar aturan-aturan hukum yang berlaku. Percayakan kepada kami dan berikan kami informasi yang berharga, agar kasus ini segera terungkap. Siapa pun yang bersalah agar diproses sesuai hukum," tandas mantan Kadiv Hubinter Mabes Polri ini.

Sementara itu, acara jalan santai dan donor darah HUT ke-70 Bhayangkara di Lapangan Niti Mandala Denpasar kemarin diikuti ribuan peserta. Acara ini dibuka langsung Gubernur Bali Made Mangku Pastika, ditandai dengan pelepasan balon. Turut mendampingi Kapolda Sugeng Priyanto dan Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Kustanto Widiatmoko. “Sudah 70 tahun Polri mengawal NKRI. Semoga kerjasama antara Polri dan masyarakat semakin erat," ujar Gubernur Pastika dalam sambutannya.

Senada dengan Gubernur, Kapolda Sugeng Priyanto juga berharap sinergitas antara kepolisian dengan masyarakat semakin meningkat dan terus bersama-sama menciptakan situasi di Bali yang aman dan kondusif. “Ke depan, Polri juga diharapkan semakin profesional dalam memberikan pelayanan, perlindungan, dan pengayoman kepada masyarakat,” ujar Jenderal Bintang Dua asal Purbalingga, Jawa Tengah ini. 7 rez

Komentar