nusabali

Bupati Giri Prasta Hadiri Nyekah Massal Banjar Adat Dangin Peken Penarungan Mengwi

  • www.nusabali.com-bupati-giri-prasta-hadiri-nyekah-massal-banjar-adat-dangin-peken-penarungan-mengwi

Banjar Adat Dangin Peken Penarungan, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung menggelar upacara Pitra Yadnya dan Manusa Yadnya, Nyekah Massal, Metelu Bulan, Mepetik dan Mecolongan, Senin (3/6).

MANGUPURA, NusaBali

Upacara tersebut dihadiri Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta didampingi Kabag Humas Badung Putu Ngurah Thomas Yuniarta. Tokoh masyarakat I Bagus Alit Sucipta, IGN Alit Kusuma Kalakan dan Made Yudana. Nampak hadir pula Camat Mengwi I Gusti Ngurah Gede Jaya Saputra dan unsur Tripika Kecamatan Mengwi, Perbekel Desa Penarungan Ni Wayan Kerni, Ketua BPD Desa Penarungan I Ketut Warna, Bendesa Adat Penarungan I Made Widiada, Kelian Adat dan Dinas se-Desa Penarungan.

Dalam kesempatan itu, Bupati Giri Prasta berkesempatan meninjau sawa dan mesimakarama dengan warga setempat serta menyerahkan punia Rp 100 juta. Kegiatan ini juga mendapat dukungan bantuan dari Pemerintah Kabupaten Badung sebesar Rp 450 juta.

Dalam simakramanya, Bupati Giri Prasta menyampaikan rasa senang dan bahagia karena masyarakat Banjar Adat Dangin Peken Penarungan dapat bersatu untuk melaksanakan upacara pitra yadnya nyekah massal. Menurutnya, masyarakat Banjar Adat Dangin Peken telah melaksanakan intisari dari konsep Pancasila yaitu gotong royong. "Semoga upacara ini berjalan lancar labda karya sida sidaningdon nemu gemah ripah lohjinawi," ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut Bupati juga menjelaskan tentang tata cara pelaksanaan upacara pitra yadnya dan manusa yadnya menurut sastra Agama Hindu, salah satunya penjelasan tentang tata cara yang benar saat ngelinggihan Sang Hyang Pitara di kemulan merajan dengan konsep padu muka.

Kedepannya Bupati akan mengupayakan setiap desa adat akan dilaksanakan Dharmaduta. "Dhamaduta inilah yang nantinya akan menyampaikan tentang kebenaran dan kepatutan dalam ajaran agama," ujar Bupati Giri Prasta.

Sementara Ketua Panitia Nyekah Massal I Wayan Sudiarta melaporkan Karya Pitra Yadnya dan Manusa Yadnya di Banjar Adat Dangin Peken Penarungan telah berlangsung sejak 22 Mei 2019. Dengan rincian, peserta nyekah sebanyak 25 sawa, mepetik dan metelubulanan 32 peserta, mecolongan 2 peserta dan mepandes diikuti oleh 51 peserta. Mewakili masyarakat Banjar Adat Dangin Peken pihaknya menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak Bupati Badung yang telah banyak membantu masyarakatnya dalam pembangunan infrastruktur dan pelaksanaan upacara yadnya

Kelian Adat Banjar Dangin Peken Penarungan, I Made Widiada, juga menyampaikan terima kasih karena Pemkab Badung melalui Bupati Badung dan jajarannya telah membantu pelaksanaan upacara nyekah masal ini sehingga dapat berjalan dengan lancar. "Kami mewakili masyarakat Banjar Adat Dangin Peken Penarungan menyampaikan terima kasih atas bantuan Pemerintah Kabupaten Badung, sehingga upacara nyekah masal ini dapat berjalan lancar sesuai harapan masyarakat kami, kedepanya kami akan terus mendukung program serta kebijakan Pemerintah Kabupaten badung" katanya. *

loading...

Komentar