nusabali

Bali Prioritas Pengamanan Lebaran

  • www.nusabali.com-bali-prioritas-pengamanan-lebaran

Tim Mabes Polri Sambangi Polres Buleleng

SINGARAJA, NusaBali

Polres Buleleng, Senin (3/6) pagi, mendapat kunjungan pengawasan dan pengecekan dari Tim Mabes Polri, terkait pengamanan dan situasi menyambut Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1440 Hijriyah. Tim Mabes Polri memilih Buleleng sebagai titik pengawasan yang juga dihadiri Kapolres Karangasem dan Bangli, mengingat Bali masuk salah satu dari sebelas Polda yang menjadi prioritas nasional.

Karorenmin Irwasum Mabes Polri, Brigjen Pol I Ketut Argawa, yang didampingi  Kombes Pol Audy Alfritis Herman Manus, dan Kombes Pol Bambang Pristiwanto, mengatakan Polda Bali termasuk Polres-Polres yang bernaung di bawahnya, masuk dalam ‘11 Polda Prioritas’ ditinjau dari aktivitas masyarakat, jalur mudik dan perayaan rangkaian Hari Raya Idul Fitri-nya. Selain pertimbangan lain yakni Bali sebagai salah satu daerah transit pemudik dari daerah lain dan terpenting sebagai daerah dominan kunjungan wisata.

“Sejauh ini pantauan Bali masih aman dan kelancaran arus mudik cukup lancar dan aman. Kami apresiasi pengamanan di Bali dengan penempatan pos yang memberikan pelayanan maksimal termasuk pelayanan kesehatan, pelibatan instansi damkar dan derek,” ucap dia. Brigjen Pol Argawa juga memberikan jempol terkait peningkatan kelancaran arus mudik lewat pelabuhan Gilimanuk. Meski terjadi lonjakan volume kendaraan, namun pemudik dari Denpasar-Gilimanuk sudah bisa menyeberang dengan antrean enam jam, tak sampai menginap seperti tahun sebelumnya.

Terkhusus Buleleng, dengan jumlah komunitas muslimnya cukup besar dan keberadaan masjid dan mushola juga cukup banyak, sehingga perlu pelayanan pengamanan maksimal dari Polres Buleleng. Tak hanya saat puncak Hari Raya Idul Fitri, tetapi juga rangkaian awal bulan puasa. “Singaraja ini dekat dengan jalur pelayaran dan pelabuhan rakyat sehingga Polres Buleleng harus memberikan jaminan umat muslim yang merayakan hari rayanya dengan aman dan nyaman,” ungkapnya.

Ia pun mengimbau kepada pemudik dari Bali yang akan pulang ke kampung halamannya tetap mengutamakan keselamatan berlalu lintas, dengan memperhatikan kelaikan kendataan. Pemudik juga diwanti-wanti tak memaksakan melanjutkan perjalanan dengan kondisi lelah. Mereka disarankan untuk beristirahat di Pos Pantau yang dibuka Polda Bali diseluruh wilayah, sehingga dapat selamats amapi tujuan dan merayakan Hari Raya Idul Fitri dengan berbahagia. *k23

Komentar