nusabali

Mendag RI Apresiasi Pasar Intaran dan Pasar Sindu Sanur

  • www.nusabali.com-mendag-ri-apresiasi-pasar-intaran-dan-pasar-sindu-sanur

Sebut Pemkot Denpasar Sukses Revitalisasi Pasar Rakyat

DENPASAR, NusaBali

Menteri Perdagangan RI, Enggartiasto Lukita kembali mengunjungi dua Pasar Rakyat di Kota Denpasar, Kali ini, Senin (3/6), mengunjungi Pasar Intaran dan Pasar Sindu, Sanur dalam rangka memastikan stabilitas harga menjelang Hari Suci Idul Fitri 1440 Hijriah dan melihat perkembangan aktivitas pasar rakyat di Kota Denpasar.

Kunjungan ini diterima oleh Wakil Walikota Denpasar IGN Jaya Negara didampingi Sekda Kota Denpasar, AAN Rai Iswara bersama Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Denpasar, I Gusti Ayu Bintang Darmawati dan disambut hangat para pedagang dan pembeli di Pasar Intaran dan Pasar Sindhu Kota Denpasar.

Dalam kesempatan tersebut, Menteri Perdagangan RI, Enggartiasto Lukita memastikan bahwa seluruh elemen mulai dari harga, pasokan, stok, dan distribusi secara nasional tetap kondusif dan aman. Pihaknya juga mengapresiasi keberhasilan Pemerintah Kota Denpasar dalam merevitalisasi pasar rakyat di Kota Denpasar khususnya Pasar Intaran dan Pasar Sindu yang dinilai  memiliki penataan yang rapi dan kebersihan yang terjaga. “Walikota, Wakil Walikota dan seluruh jajaran pemerintah kota harus saya berikan apresiasi karena ini sangat luar biasa,” ungkapnya.

Juga disinggung terkait Pasar Badung yang belum lama ini diresmikan oleh Presiden RI, Joko Widodo juga sangat luar biasa, diselesaikan dalam waktu yang singkat, rapi, bersih dan pengelolaan pasar yang baik.

Lebih lanjut disampaikan bahwa kedepan akan ada peningkatan pelayanan yaitu digital banking. Dikatakan bahwa trend sudah akan mengarah ke arah digital banking, mengingat tidak menutup kemungkinan wisatawan juga akan berbelanja ke pasar. “Jadi ada dua pilihan yaitu pembayaran cash dan juga pembayaran dengan digital banking, dan juga akan dihadirkan aplikasi pemesanan digital,” ungkapnya.

Di Pasar Sindu, Mendag Enggartiasto Lukita juga  memuji zonasi pedagang serta ketegasan pengelola pasar. Dimana, zonasi daging, sayuran, buah tertata dengan rapi. Bahkan, blok khusus bagi pedagang musiman (PKL) juga disediakan guna memfasilitasi hasil kerajinan, perkebunan, serta pertanian masyarakat sekitar. “Kami harus mengakui bahwa Pasar Sindu ini lebih baik dari pasar yang lain, ini karena Pasar Sindu telah mampu tumbuh dan berkembang, bahkan melebihi standar SNI dari Kemendag RI, hal ini terlihat dari pola penanganan limbah yang sangat rapi dan terpadu,” terangnya.

Pihaknya juga mengapresiasi berkembangnya pasar rakyat di Kota Denpasar yang tidak hanya menjadi tumpuan sektor perekonomian rakyat semata. Dimana, didalamnya juga mampu memberikan dukungan terhadap geliat pertumbuhan pariwisata. “Banyak saya lihat wisatawan mengunjungi pasar rakyat, tentunya program yang dicanangkan Pemkot Denpasar ini sangat produktif, selain dapat memajukan perekonomian rakyat, juga dapat mendukung kemajuan pariwisata,” terangnya.

Sementara itu Wakil Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara sangat menyambut baik kedatangan Menteri Perdagangan RI, Enggartiasto Lukita, terlebih sangat berterima kasih atas apresiasinya. Menurutnya, hal tersebut menjadi motivasi agar sinergitas pemerintah dan masyarakat dalam menjaga pasar rakyat di Kota Denpasar semakin baik. “Tentu kunjungan ini bagi kami Pemerintah Kota Denpasar sangat istimewa, terlebih dengan apresiasi yang diberikan, kedepan inovasi-inovasi termasuk digital banking tentu akan terus didukung, demi kemajuan kita bersama, selain mempertahankan budaya tradisional masyarakat di pasar seperti tawar menawar,” ungkapnya. *

Komentar