nusabali

Pertapa di Puncak 29 Muria Dievakuasi Paksa

  • www.nusabali.com-pertapa-di-puncak-29-muria-dievakuasi-paksa

Seorang pria bernama Nur Hasan (35) ditemukan lemas dalam gubuk yang berada di Puncak 29, Gunung Muria, Sabtu (1/6).

JEPARA, NusaBali

Diduga pria tersebut berada di gubuk itu untuk menjalani tirakat atau bertapa. Nur Hasan awalnya ditemukan oleh seorang pendaki yang kemudian melaporkannya ke tim SAR setempat.

"Setelah itu, kami terjunkan tim untuk ke lokasi," ujar Kepala BPBD Kabupaten Jepara, Arwin Noor Isdiyanto, Minggu (2/6). Arwin mengungkapkan bahwa Nur Hasan sudah berada di gubung tersebut selama tiga pekan dan kehabisan logistik. Warga juga sempat mengajaknya turun, tapi Nur Hasan menolaknya.

"Informasinya (Nur Hasan sedang) tirakat. Dari keterangan warga, sudah sempat diajak turun, tapi yang bersangkutan menolak," lanjutnya. Usai dievakuasi pada dini hari kemarin, Nur Hasan dilarikan ke Puskesmas Keling. Kondisinya saat it lemas dan harus rawat inap. Namun Nur Hasan yang merupakan warga Desa Srikandang Kecamatan Bangsri, Kabupaten Jepara ini menolak.

"Akhirnya diantar ke rumah orang tuanya," ujar Arwin "Alhamdulillah sudah terselamatkan. Kami bawa bekal makanan untuk korban dan sudah mendapat perawatan dari puskesmas. Karena yang bersangkutan tidak mau inap, jadi rawat jalan," tandasnya.

Gunung Muria adalah sebuah gunung di wilayah utara Jawa Tengah bagian timur, yang termasuk ke Kabupaten Kudus di sisi selatan. Di sisi barat laut berbatasan dengan Kabupaten Jepara dan di sisi timur berbatasan dengan Kabupaten Pati. Sementara puncak Songolikur atau 29 merupakan salah satu puncak populer di Gunung Muria bagi pendaki/pecinta alam dengan ketinggian sekitar 1.603 Mdpl.

Dijelaskan Arwin, semula NH dilaporkan oleh sejumlah pendaki yang kebetulan melintas di sana. Saat itu, mereka melihat NH sedang dalam keadaan sakit. Hanya saja, NH bersikeras menolak ajakan ketika diajak turun lantaran mengaku sedang menyelesaikan nazar. *

Komentar