nusabali

Bupati Suwirta Hadiri Sosialisasi Wawasan Kebangsaan

  • www.nusabali.com-bupati-suwirta-hadiri-sosialisasi-wawasan-kebangsaan

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menghadiri acara sosialisasi Wawasan Kebangsaan dan Pembentukan Forum Perempuan Lintas Agama (Forpela), Forum Generasi Muda Lintas Agama (Forgimala), dan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) 2019.

SEMARAPURA, NusaBali

Acara tersebut berlangsung di Ruang Rapat Praja Mandala Kantor Bupati Klungkung, Sabtu (1/6). Bupati Suwirta mengatakan arti dari wawasan kebangsaan yakni cara pandang kita memandang diri, memandang tanah air dengan selalu mengedepankan persatuan dan kesatuan bangsa. Hal ini sebagai landasan utama yang menjadi ruang bagi peletakan dasar semangat persatuan dan kesatuan dalam menegakkan kedamaian, keutuhan dan kedaulatan negara. "Peran pemerintah untuk mewujudkan kerukunan dan kedamaian yakni kesehatan sebagai pondasi dasar. Selanjutnya pendidikan serta kesejahteraan masyarakat. Maka dari itu ketiga ini harus berkolaborasi," ujar Bupati Suwirta.

Pihaknya juga menambahkan sosialisasi wawasan kebangsaan ini bertepatan dengan hari lahir pancasila perlu ditindaklanjuti dengan revitalisasi dan aktualisasi nilai-nilai Pancasila, Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhineka Tunggal Ika.

Sementara itu, Ketua Panitia Ngakan Ketut Juni dalam laporannya mengatakan, maksud dan tujuan dari sosialisasi ini, yakni untuk meningkatkan wawasan kebangsaan pada umat beragama, bertkaitan dengan empat konsensus dasar nasional yaitu Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI serta pembentukan Porpela dan Porgimala FKUB Kabupaten Klungkung periode 2019-2024 yang bertujuan untuk memberdayakan perempuan dan generasi muda lintas Agama.

"Acara ini berdasarkan keputusan ketua FKUB Kabupaten Klungkung No 06 Tahun 2019 tentang susuhan personalia panitia pelaksana sosialisasi wawasan kebangsaan dan pembentukan Forpela serta Forgimala dan peserta dari utusan dari masing-masing lembaga umat sekabupaten Klungkung," ujar Ngakan Ketut Juni.

Acara tersebut juga diisi dengan pengukuhan pengurus Forpela dan Forgimala 2019-2024 serta pembekalan materi dari narasumber Ni Wayan Sri Kartini dengan materi Pancasila dan Luh Gede Yuliastini dengan materi Rumah Kita Rumah Pancasila.

Turut hadir dalam acara tersebut, Perwakilan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Bali I Gede Nurjaya, Ketua FKUB Klungkung I Gusti Made Warsika, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Klungkung I Wayan Sujana, unsur Forpela Provinsi Bali, Forgimala Provinsi dan undangan terkait lainnya. *wan

loading...

Komentar