nusabali

Tebing Eksotis Di Pantai Padang-Padang Bali

  • www.nusabali.com-tebing-eksotis-di-pantai-padang-padang-bali

Pantai padang-padang atau kerap disebut Pantai Labuan Sait merupakan salah satu destinasi wisata yang cukup populer di Bali.

Penulis : Ni Made Yuni Sugiantari
Mahasiswi Ilmu Komunikasi Universitas Udayana

Pantai ini banyak dikunjungi wisatawan lokal maupum mancanegara, pantai Padang-padang terletak di Jalan Labuan Sait Desa Pecatu Kecamatan Kuta Selatan yang berjarak hanya 20 kilometer dari Bandara Internasional Ngurah Rai atau memakan waktu tempuh sekitar 45 menit. Selain karena keindahan dan akses yang mudah, pantai ini juga terletak di daerah yang strategis yakni di salah satu pusat daerah pariwisata, Jimbaran Bali yang memang terkenal dengan pantai-pantainya. Untuk dapat menikmati keindahan pantai ini cukup dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000,00 untuk wisatawan lokal dan Rp 10.000,00 untuk wisatawan asing. 

Karena informasi mengenai pantai indah di Bali sudah cukup banyak, yang akan kita bahas adalah tebing eksotis yang ada di panta Padang-padang ini. Bagi kalian yang menyukai olahraga panjat tebing, juga bisa menjalankan hobi kalian disini loh. Tebing yang tingginya kurang lebih 7 meter mempunyai tingkat kesulitan yang cukup menantang dan ingin mencobanya berkali-kali hingga dapat menyelesaikam jalur yang sudah ada. Tebing di pantai padang-padang ini merupakan jenis batuan kapur yang biasa derdapat di kawasan karst, cirinya berlubang dan banyak tonjolan yang cocok dijadikan spot panjat tebing. Terdapat kurang lebih empat jalur yang telah terpasang dan beberapa jalur bouldering yang bisa kalian coba.

Tapi, untuk bisa melakukan aktivitas panjat tebing, kalian harus membawa alat sendiri seperti runner set, tali kernmantel, chalk bag dan tentunya sepatu panjat tebing dan seat harness. Hmm… cukup banyak ya, namun untuk beraktivitas panjat tebing di pantai ini tidak dipungut biaya selain tiket masuk yaaaa. Untuk yang hobi memanjat tebing, tentu sudah familiar dengan alat-alat tersebut, dan bagi pemula yang ingin mencoba panjat tebing, harus didampingi ahli karena olahraga ini bisa dibilang cukup ekstreme.  Kendati tebing pantai Padang-padang tidak terlalu tinggi, belum banyak yang dapat menyelesaikan jalur tebing ini dan mencapai puncaknya, jadi bagi kalian penggemar olahraga panjat tebing, maupun sekedar penasaran dengan pantainya, pantai padang-padang wajib kalian coba, menjadi salah satu tujuan liburan kalian.

Kalau bicara tentang pantai, selain hal-hal yang membuat betah bermain di pantai, ada beberapa penyebab kita malas untuk ke pantai, yaitu, cuaca panas dan makanan atau minuman yang mahal, hehe. Untuk mengatasi hal itu, kalian yang mau berkunjung ke Pantai Padang-padang, bisa membawa minuman atau makanan dari rumah ya… kalau cuaca panas yang kalian hindari, tenang saja, pantai padang-padang memilki banyak spot menarik dan tentunya tempat berteduh untuk menikmati keindahan pantainya. Apalagi bagi kalian yang menjalankan hobi olahraga panjat tebing, jangan khawatir panas, karena daerah tebing pantai padang-padang berada pada titik yang teduh dan tidak teralu panas. 

"Pantai padang-padang ini menarik sekali, ada banyak spot foto yang bagus dan enak untuk bersantai, soalnya tidak terlalu panas" kata Alfa salah seorang wisatawan asal Yogjakarta.  Selain itu, menurut Fajar dan teman-temannya yang sedang melakukan aktivitas panjat tebing, mereka kerap kesana untuk sekedar melatih keterampilan paling tidak, setiap weekend. "Tebingnya cukup bagus untuk latihan, memang tidak terlalu tinggi, tapi saya belum dapat menyelesaikan jalur ini" kata Fajar seorang anggota mahasiswa pecinta alam Universitas Udayana. Waaah… membayangkan tebing-tebing yang indah di pantai padang-padang sembari menikmati suasana pantai yang menenangkan, duduk di atas pasir putihnya, atau tiduran di hammock sambil bersantai membuat pikiran menjadi segar kembali dan semangat beraktivitas. Eits, tentu saja jangan hanya dibayangkan ya, tentukan destinasi liburanmu.*


*. Tulisan dalam kategori OPINI adalah tulisan warga Net. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Komentar