nusabali

Bupati Mas Sumatri Bantu Korban Tertimpa Kelapa

  • www.nusabali.com-bupati-mas-sumatri-bantu-korban-tertimpa-kelapa

Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri menyerahkan bantuan kepada korban yang dapur dan tempat tidurnya tertimpa pohon kelapa.

AMLAPURA, NusaBali

Bantuan berupa sembako dan alat-alat dapur diterima langsung sepasang suami istri, I Komang Juniarta dan Ni Nengah Kariani, di Lingkungan Jasri Kaler, Kelurahan Subagan, Kecamatan Karangasem, Kamis (30/5) sore. Tempat tinggal pasutri ini jadi korban tertimpa pohon kelapa tahun 2017, dapurnya hancur, dan atap bangunan tempat tinggal bocor. Sekitar dua tahun bangunan dibiarkan rusak.

Tempat tinggal pasutri Komang Juniarta dan Nengah Kariani ini kemudian diperbaiki oleh LSM Komunitas Peduli Sosial dari Karangasem dikoordinasikan Ni Komang Putri bekerjasama dengan Yayasan Tulus Hati Denpasar. Perbaikan rumah pada atap dan genting tuntas dikerjakan pada Rabu (29/5). Selanjutnya Bupati Mas Sumatri memberikan bantuan alat-alat dapur, sembako, selimut, terpal, dan sejenisnya.

Saat menyerahkan bantuan Bupati Mas Sumatri bertemu aktivis LSM Ni Komang Putri, sama-sama memotivasi korban agar tabah menghadapi cobaan. Turut hadir di acara itu Kadis Sosial Ni Ketut Puspa Kumari, Kadis Perumahan dan Kawasan Permukiman I Made Suama, Camat Karangasem Cok Alit Surya Prabawa, Kepala Lingkungan Jasri Kaler Jro Mangku Sidra dan Babinsa Subagan Pelda I Komang Kuat.

"Kami membantu warga kurang mampu, yang sebelumnya tertimpa musibah, tempat tinggalnya tertimpa pohon kelapa," jelas Bupati Mas Sumatri.

Bupati Mas Sumatri juga menanyakan kepada korban mengenai kepemilikan JKN KIS, KKC (Kartu Karangasem Cerdas) untuk anaknya yang masih sekolah SD. Diingatkan mengurus KKC, datang saja ke sekolah, bertanya kepada kepala sekolah. Selanjutnya, kepala sekolah mengecek melakukan kunjungan rumah, jika dinilai layak kepala sekolah mengusulkan dapat KKC. "Kami belum tahu caranya mengurus, nanti akan kami tanyakan kepada kepala sekolah," jelas Nengah Kariani.

LSM Ni Komang Putri mengatakan, selama ini berusaha membantu masyarakat kurang mampu. Salah satunya warga kurang mampu yang rumahnya tertimpa pohon kelapa. "Prinsip kami bagaimana caranya agar mereka bisa tidur nyaman, rumahnya tidak bocor," jelas Ni Komang Putri. Menurut Komang Putri, selama ini LSM dan yayasan sering membantu masyarakat kurang mampu, terutama masyarakat yang tengah menjalani perawatan di RSUD Karangasem. "Kami membantu kelancaran surat-surat, menggalang dana, hingga pulang dari rumah sakit," tambahnya.

Komunitas yang dibangun bekerjasama dengan yayasan. Sehingga dari yayasan memberikan bantuan. Sedangkan komunitas yang dipimpinnya hanyalah menyalurkan bantuan yang telah diterima yayasan. *k16

Komentar