nusabali

KMP Drajat Paciran Rencana Didatangkan

  • www.nusabali.com-kmp-drajat-paciran-rencana-didatangkan

KMP Drajat Paciran memiliki double car deck. KMP tersebut juga diperbantukan saat angkutan Lebaran 2018 lalu.

Arus Mudik Lebaran 2019 di Pelabuhan Gilimanuk


NEGARA, NusaBali
Sesuai wacana sebelumnya, PT ASDP Indonesia Ferry akan memperbantukan satu unit kapal motor penumpang (KMP) berdaya tampung besar, yakni KMP Drajat Paciran di lintasan Pelabuhan Ketapang – Gilimanuk serangkaian angkutan Lebaran 2019. Rencananya, kapal berukuran jumbo itu akan didatangkan ke Selat Bali, Jumat (31/5) hari ini.

General Manager (GM) Pelabuhan Ketapang – Gilimanuk Fahmi Alweni, mengatakan sudah ada keputusan dari Direktorat Jenderal (Dirjen) Perhubungan Darat (Hubdat) pada Kementerian Perhubungan (Kemenhub), terkait perbantuan kapal berukuran jumbo tersebut. Dari pihak ASDP juga telah menyiapkan kapal yang akan diperbantukan tersebut, yakni KMP Drajat Paciran yang sempat diperbantukan saat angkutan Lebaran tahun 2018 lalu. “Sudah pasti akan ada perbantuan kapal. Akan didatangkan KMP Drajat Paciran,” ujar Fahmi, Kamis (30/5).

Menurutnya, KMP Drajat Paciran yang secara reguler beroperasi melayani penyeberangan di lintasan Pelabuhan Bahaur, Kalimantan Tengah – Pelabuhan Paciran, Lamongan, Jawa Timur, itu juga akan segera didatangkan ke Selat Bali. Sesuai informasi yang diterima, kapal yang memiliki daya tampung sebanyak 350 penumpang, akan didatangkan pada Jumat (31/5) hari ini.

“Kemungkinan besok (hari ini) sudah didatangkan ke sini (lintasan Pelabuhan Ketapang – Gilimanuk). Yang pasti sudah ada keputusan dari Dirjen Hubdat untuk perbuatan kapal itu,” ucap Fahmi.

Nantinya, KMP Drajat Paciran yang memiliki double car deck, dan diperkirakan bisa mengangkut ratusan sepeda motor itu tidak akan dioperasikan penuh selama angkutan Lebaran. Tetapi hanya akan dikerahkan ketika dibutuhkan, atau ketika terjadi kepadatan arus yang signifikan. “Kalau sudah didatangkan KMP Drajat Paciran, artinya ada 57 kapal yang akan tersedia di Ketapang – Gilimanuk. Tetapi untuk yang beroperasi, tetap maksimal 32 kapal,” pungkasnya. *ode

loading...

Komentar