nusabali

2.000 Pelanggan PDAM di Nusa Penida Terganggu

  • www.nusabali.com-2000-pelanggan-pdam-di-nusa-penida-terganggu

Pelayanan air oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Mahottama Klungkung di Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, mengalami gangguan distribusi air dari sumber Mata Air Guyangan, sejak Senin (27/5) pagi.

SEMARAPURA, NusaBali

Penyebabnya, sebuah kabel listrik dari gardu ke panel pompa di sumber air meleleh karena terbakar. Pelanggan yang terkena imbas sekitar 2.000 sambungan rumah (SR) di empat desa di Nusa Penida, yakni Desa Klumpu, Batumadeg, Batukandik, dan Bunga Mekar. Untuk sementara, suplai air bersih kepada masyarakat dengan mesin genset. Untuk pelanggan di dataran tinggi, PDAM mengerahkan satu unit mobil tanki air.

Direktur PDAM Klungkung Nyoman Renin Suyasa mengatakan, ganguan kabel listrik ini telah mendapatkan perbaikan dari pihak Balai Balai Wilayah Sungai (BWS).  “Ini masih proses perbaikan,” ujarnya, Selasa (28/5).

Air bersih yang didistribusikan sementara selama perbaikan, diambil dari sumber Mata Air Penida. “Kami atas nama direksi mohon maaf atas ketidaknyamanannya,” ujarnya.

Untuk diketahui, sejumlah wilayah di Kecamatan Nusa Penida saat ini belum semuanya terjangkau layanan air bersih. Beberapa sumber mata air yang dimanfaatkan, seperti Mata Air Guyangan dan Mata Air Penida. Untuk memaksimalkan pelayanan di Nusa Penida, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta sudah menugaskan Direktur PDAM Klungkung Nyoman Renin Suyasa untuk berkantor selama dua minggu di Nusa Penida.

Penugasan tersebut dilakukan untuk menyelesaikan perencanaan dan biaya yang diperlukan untuk merealisasikan 100 persen air bersih bagi masyarakat Nusa Penida yang diharapkan pada tahun 2020 hal tersebut bisa terealisasikan.*wan

Komentar