nusabali

SD 2 Gianyar Juara Umum SMS Competition SMPN 1 Gianyar

  • www.nusabali.com-sd-2-gianyar-juara-umum-sms-competition-smpn-1-gianyar

SD N 2 Gianyar berhasil merebut Juara Umum I  The 15th SMS (sains, matematic, social) Competition tahun 2019 yang digelar SMPN 1 Gianyar, Senin (28/5).

GIANYAR, NusaBali

SD yang lokasinya berhadapan dengan SMAN 1 Gianyar di Desa Tegaltugu, Gianyar ini berhak merebut Piala Bergilir Bupati Gianyar.  Piala tersebut pada even yang sama tahun lalu diraih SD Santa Maria Rosari, Jalan Mulawarman, Gianyar. Juara Umum II diraih SD 1 Gianyar, dan Juara Umum III SD Ana Putra di Desa/Kecamatan Sukawati. Selain mengubah predikat Juara Umum I, ajang ini menghasilkan keragaman peraih juara dari SD  baik dari dalam dan luar Kota Gianyar. Antara lain, Juara I atau peraih medali emas bidang IPA diraih Kadek Dwi Ananda Krisna Praditha dari SDN No 7 Desa Kemenuh, Kecamatan Sukawati. Beberapa anak lainnya dari 30 peraih medali, perak, dan perunggu, ada yang dari SD 2 Lebih, Gianyar, SD 3 Peliatan, Ubud, SD 1 Batuan Kaler, Kecamatan Sukawati, dan desa-desa lain di luar Kelurahan Gianyar. Selebihnya, peraih juara SMS kebanyakan anak-anak dari SD di Kelurahan Gianyuar, SD swasta baik di Desa Batubulan, Kecamatan Sukawati, dan Ubud. Even ini diikuti 705 orang dari puluhan SD se Kabupaten Gianyar.

Kepala SMPN 1 Gianyar Dewa Nyoman Bawa SPd MPd, usai menutup The 15th SMS Competition, mengatakan ajang ini digelar sejak April 2004. Namun Piala Bergilir Bupati Gianyar baru diperebutkan sejak tahun 2013, dan kini ke-8. Menurutnya, ajang ini barometer bagi anak-anak yang akan lulus SD di Gianyar guna mengukur kemampuan akademis mereka. Oleh karena itu, kompetisi ini sangat ditunggu-tunggu anak-anak dan urangtua murid karena relatif ada untuk tingkat SD. ‘’ Dengan peserta mencapai 705 anak, ini membuktikan sekolah SD masih haus lomba,’’ jelasnya.

Ia salut karena pada ajang ini SD difavoritkan dan non favorit bersaing ketat merebut medali. 30 anak peraih medali nantinya akan diterima dalam PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) SMPN 1 Gianyar 2019 dari jalur prestasi. Terpenting, kata Dewa Bawa, ajang ini untuk menjaring minat, bakat, dan prestasi anak sekaligus sebagai salah satu upaya penjaminan mutu bagi SMPN 1 Gianyar. SMS ini juga menantang anak agar makin inovatif dan kreatif. Dalam ajang ini, masing-masing bidang baik IPA, Matematika dan IPS, memperebutkan 2 medali emas, 3 perak, dan 5 perunggu. *Isa

Komentar