nusabali

Tiga Siswa SD Dipersiapkan ke Jambore Nasional

  • www.nusabali.com-tiga-siswa-sd-dipersiapkan-ke-jambore-nasional

Tiga siswa SD yang meraih juara di Jambore Dharma Sedana Tingkat Provinsi Bali 2019 di nomor cerdas cermat tengah dipersiapkan menghadapi Jambore Dharma Sedana Tingkat Nasional, 1-7 Juli di Hotel Aston Denpasar.

AMLAPURA, NusaBali

Para siswa ini dibina oleh I Wayan Weda. Secara resmi masuk persiapan Tim Provinsi Bali tanggal 11-13 Juni 2019 di Jalan Nusa Indah Denpasar.

Kasi Pembinaan Hindu Kantor Kementerian Agama Karangasem, I Wayan Serinada, mengungkapkan hanya meloloskan satu nomor di Jambore Dharma Sedana Tingkat Nasional 2019. Lomba Dharma Sedana (Cerdas Cermat) Tingkat SD Karangasem diwakili siswa dari Kecamatan Abang yakni I Komang Agus Tirta Mahardika dari SDN 1 Abang, Desak Gede Bunga Lestari dari SDN 2 Abang, dan Ni Putu Desa Lestari dari SDN 3 Ababi. Saat berlaga di final Jambore Dharma Sedana Tingkat Provinsi Bali, regu Karangasem mencatat skor 1.475, catatan itu sangat jauh mengatasi lawannya dari Bangli dengan skor 800 dan dari Buleleng dengan skor 600. "Jadi satu-satunya harapan Karangasem dari nomor SD, setelah nomor lainnya kurang beruntung," ungkap Wayan Serinada, Senin (27/5).

Ayah kandung I Komang Agus Tirta Mahardika, I Nyoman Putu Sutirta juga mengaku turut membina anaknya sebelum berlaga ke Jambore Dharma Sedana Tingkat Nasional. Paling tidak melakukan evaluasi hasil Jambore Tingkat Kabupaten dan provinsi agar tampil di Tingkat Nasional lebih optimal, dan membuahkan hasil memuaskan. "Kami turut membina anak kandung sendiri, sekarang bukan saja sebagai wakil Karangasem tetapi wakil Provinsi Bali," jelas Sutirta yang juga Kasek SDN 2 Abang.

Sedangkan nomor Cerdas Cermat Tingkat SMP, regu SMPN 5 Abang mewakili Karangasem di Jambore Dharma Sedana Tingkat Provinsi Bali 2019, hanya meraih juara II. Regu SMPN 5 Abang diwakili oleh I Gede Ngurah Eka Prayoga, I Ketut Putra Wiguna, dan Ni Luh Juliani.

Sedangkan di nomor Tri Sandya diwakili pasangan Ni Kadek Rani dan Ni Kadek Dwi Librayanti dari SDN 2 Abang, setelah dalam seleksi tingkat Kabupaten Karangasem sebagai juara dengan skor 1.033, belum berhasil di Tingkat Provinsi Bali.

Begitu juga keikutsertaannya di  nomor Cerdas Cermat Tingkat SMA tak membuahkan hasil optimal, yang diwakili regu SMKN Abang, melalui Ni Komang Ayu Parwathi, Utami Prabhasari, dan Ni Wayan Wawiyanti. Begitu juga di nomor lomba lagu keagamaan diwakili regu TK Amerta Yulia Ganesa Banjar Kubakal, Desa Pempatan, Kecamatan Rendang, Karangasem, belum meraih prestasi. Sehingga pembinaan kali ini fokus di nomor Cerdas Cermat Tingkat SD. *k16

Komentar