nusabali

HUT Ke-38, SMA PGRI Blahbatuh Gelar Creativity in Harmony

  • www.nusabali.com-hut-ke-38-sma-pgri-blahbatuh-gelar-creativity-in-harmony

Perayaan HUT Ke-38 SMA PGRI Blahbatuh plus Pariwisata (Parisma) berlangsung meriah di Lapangan Astina Jaya Blahbatuh, Desa/Kecamatan Blahbatuh, Gianyar, Senin (27/5).

GIANYAR, NusaBali

Dalam balutan tema ‘Creativity in Harmony’, segala potensi kreativitas siswa ditampilkan. Salah satunya pementasan Tari Kontemporer Pasupati Satra. Serangkaian HUT juga digelar Parfest sejak Minggu (26/5) – Senin (27/5) malam. Seluruh siswa dilibatkan sebagai pengisi acara, termasuk kehadiran para alumni sebagai motivator.

Kepala SMA PGRI Blahbatuh Drs I Nyoman Sarwa menjelaskan perayaan HUT yang mewah ini memang baru pertama kali digelar sejak sekolah ini berdiri tahun 1981. "Atas aspirasi pengurus OSIS, kami sebagai guru tentu mendukung kreativitas siswa," ujar Kepala Sekolah asal Desa Buruan, Blahbatuh ini.

Dikatakan, sekolah dengan ikon pariwisata ini melewati perjalanan panjang. Dari jumlah angkatan pertama yang hanya 84 siswa, kini semakin diminati dengan jumlah peserta didik 970 orang. Animo masyarakat diakui meningkat, sejak sekolah ini membuka program tambahan yakni pariwisata tahun ajaran 2001/2002. "Berangkat dari menggeliatnya pariwisata di Gianyar. Yang tujuannya untuk mendongkrak siswa, apabila lulus tidak jadi pengangguran. Sejak angkatan pertama dengan label pariwisata, lulusan kita semakin banyak terserap di dunia kerja," jelasnya.

Untuk penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun ini, sekolah yang dinaungi Yayasan PPLP PGRI Gianyar ini rencananya membuka 9 rombongan belajar. "Sampai saat ini sudah ada sekitar 250 orang yang daftar," ungkapnya. Seperti namanya, sekolah dengan jurusan IPA, IPS dan Bahasa Budaya ini memberikan nilai lebih pada program tambahan tentang kepariwisataan. Layaknya SMK, para siswa Parisma sejak kelas XI sudah mengikuti training di akomodasi wisata di Ubud.

Untuk diketahui, serangkaian HUT juga digelar lomba towel (merangkai handuk), fruit carving (mengukir buah), dan ikebana (rangkaian bunga). Perayaan HUT dihadiri Muspika Kecamatan Blahbatuh, koordinator pengawas sekolah, yayasan, Kepala UPT Pendidikan Kabupaten Gianyar, serta undangan terkait. Sementara pada Minggu (26/5) digelar jalan santai, aneka lomba-lomba antar kelas hingga pentas musik yang dimeriahkan band siswa, band alumni dan bintang tamu Harmonia Band. Selanjutnya pada Senin malam kemarin, digelar pentas seni. *nvi

Komentar