nusabali

Libur Lebaran, BPJS Kesehatan Tetap Buka Pelayanan

  • www.nusabali.com-libur-lebaran-bpjs-kesehatan-tetap-buka-pelayanan

Siapkan Pos Mudik di Pelabuhan Gilimanuk

SINGARAJA, NusaBali

Memasuki jadwal mudik lebaran BPJS Kesehatan Cabang Singaraja yang mewilayahi Kabupaten Buleleng dan Jembrana mulai melakukan persiapan. BPJS juga mengaku tetap buka dan memberikan pelayanan mudik di Kantor Cabang. Selain itu posko mudik juga akan disiagakan di Pelabuhan Penyeberangan Gilimanuk mulai 29 Mei sampai 4 Juni mendatang.

Kepala BPJS Cabang Singaraja, Elly Widiani, Senin (27/5) kemarin mengatakan, terkait dengan lebaran tahun ini BPJS kembali memastikan peserta JKN-KIS bisa mudik dan menggunakan haknya dimanapun. “Jangan lupa selalu bawa kartu JKN-KIS kemana saja, kalau mau lebih nyaman gunakan mobile JKN, pindahkan kartunya ke mobile,” ungkap Elly didampingi perwakilan Dinas Kesehatan dan RSUD Kabupaten Buleleng.

Elly juga menegaskan jika BPJS tetap buka dan memberikan pelayanan saat libur lebaran. Kantor Cabang akan dibuka pada  3,4 dan 7 Juni mendatang dari pukul 08.00-12.00 WITA, khusus pelayanan mudik. Sedangkan peserta JKN-KIS yang akan mudik lebaran dapat menggunaan kartu KJN-KIS di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pratama (FKTP) yang ditunjuk BPJS, jika dalam perjalanan mudik mengalami gangguan kesehatan. Penggunaan kartu JKN-KIS itu berlaku dari H-7 sampai H+7 lebaran.

Elly menerangkan, apabila tidak terdapat FKTP di daerah itu atau pelayanan di luar jam buka layanan FKTP, maka peserta dapat dilayani di IGD rumah sakit terdekat untuk mendapatkan pelayanan medis dasar. “Pada kondisi gawat darurat fasilitas kesehatan baik tingkat pertama maupun lanjutan wajib memberikan pelayanan penanganan pertama kepada peserta JKN-KIS. Selama peserta JKN-KIS mengikuti prosedur dan ketentuan yang berlaku, serta tindakan medis yang diperolehnya berdasarkan indikasi medis, maka akan dijamin dan dilayani,” imbuhnya.  Fasilitas kesehatan juga tidak diperkenankan oleh BPJS menarik biaya dari peserta terkait tindakan tersebut.

Selain itu tahun ini BPJS akan membuka Posko Mudik Lebaran di sejumlah titik, baik di bandara, terminal dan penyeberangan. BPJS Kesehatan Cabang Singaraja pun mendapat kesempatan tahun ini  membuka posko mudik di Pelabuhan Penyeberangan Gilimanuk.

“Dipilih di Pelabuhan Gilimanuk karena memang area strategis yang pemudik sangat banyak lewat penyeberangan ini sehingga membutuhkan pendampingan dari kami,” jelas dia.

Posko mudik itu disebut Elly akan melayani konsultasi kesehatan gratis oleh dokter yang disiagakan di sana, pelayanan administrasi JKN-KIS termasuk pembagian takjil menjelang jam berbuka puasa. *k23

loading...

Komentar