nusabali

Kebun Raya Balingkang Ditarget Rampung Tahun 2021

  • www.nusabali.com-kebun-raya-balingkang-ditarget-rampung-tahun-2021

Kebun Raya Balingkang di Desa Pinggan, Kecamatan Kintamani, Bangli, ditarget rampung dan dilaunching pada tahun 2021.

BANGLI, NusaBali

Saat ini masih tahap penggodokan masterplan dan Detail Engineering Design (DED). Kawasan Pura Dalem Balingkang seluas 15,9 hektare dinyatakan layak dijadikan kebun raya.

Bupati Bangli, I Made Gianyar, telah menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Pusat Penelitian Konservasi Tumbuhan dan Kebun Raya – LIPI dengan Bappeda Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Bangli tentang pembangunan, pengelolaan, dan pengembangan Kebun Raya Bangli dan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Bupati Bangli dengan Kepala LIPI tentang Penelitian Pengembangan Pemanfaatan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. “Proses perjanjian sudah dilakukan tinggal beberapa langkah lagi,” ungkap Bupati Made Gianyar, Senin (27/5).

Dikatakan, tahun ini masih dalam tahap pengodokan masterplant dan DED, di tahun 2020 pembangunan infrstruktur sudah mulai dikerjakan. “Penggodokan DED dan masterplant melibatkan LIPI dan Bapeda Bangli,” jelasnya.

Menurut Bupati Made Gianyar, pembangunan Kebun Raya Balingkang bersumber dari Pemkab Bangli, Pemprov Bali, dan pusat. Pengerjaan infrastruktur diperkirakan Rp 15 miliar. "Akan dibangun front office dan fasilitas lainnya," ujarnya. Kebun Raya Balingkang akan dijadikan objek wisata dan wahana belajar terkait ilmu dendrology khususnya tanaman vulkanik.

Bupati Made Gianyar menambahkan, jalan menuju lokasi yang sempit segera dilebarkan. Pemprov Bali melalui anggaran BKK siapkan dana Rp 17 miliar untuk pelebaran jalan. “Pelebaran jalan dikerjakan tahun ini, mungkin sudah mulai tahap tender," ungkapnya. *esa

loading...

Komentar