nusabali

PKB Tabanan Akan Pentaskan Calonarang

  • www.nusabali.com-pkb-tabanan-akan-pentaskan-calonarang

Asisten II Setda Kabupaten Tabanan menginstruksikan para camat menggali potensi IKM dan kuliner yang inovatif, sehingga yang diusung di PKB tidak monoton.

TABANAN, NusaBali

Industri kecil menengah (IKM) dan kuliner dalam Pesta Kesenian Bali (PKB) Kabupaten Tabanan ditekankan tidak monoton. Bahkan yang menarik dalam PKB tingkat kabupaten yang akan digelar pada 7–9 Juni 2019 bakal dipentaskan Calonarang.

Hal itu mengemuka dalam rapat pleno persiapan PKB kabupaten dan provinsi di ruang rapat lantai 3 Kantor Bupati Tabanan, Senin (27/5). Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Tabanan I Gusti Ngurah Supanji, mengatakan PKB Kabupaten Tabanan diselenggarakan pada 7–9 Juni 2019. Tahun ini dikemas berbeda dari tahun sebelumnya yaitu dengan melaksanakan seremonial terlebih dahulu baru pementasan sesuai dengan jadwal acara. “PKB Kabupaten Tabanan akan dipusatkan di panggung Garuda Wisnu Serasi,” ujar Supanji.

Dikatakannya, dalam pelaksanaan PKB selama tiga hari itu berbagai kesenian akan ditampilkan yang bekerjasama dengan Yayasan Taksu Gumi Bangsul. Yang spesial adalah pementasan Calonarang.

Sementara untuk PKB Provinsi Bali yang diselenggarakan pada 15 Juni–13 Juli 2019 mendatang, Tabanan akan menampilkan 14 materi dari 25 materi wajib. “Materi yang dipentaskan sifatnya emergency seperti gong gebyar, pawai, lomba, dan parade,” tegas Supanji.

Asisten II Setda Kabupaten Tabanan Anak Agung Dalem Tresna Ngurah yang menghadiri rapat pleno tersebut menekankan bahwa IKM yang ditampilkan pada PKB kabupaten diharapkan tidak menoton. “Kuliner juga begitu, usahakan cari yang kreatif dan khas Tabanan agar semuanya bisa tampil. Tolong nanti para camat, jika menemukan IKM dan kuliner unik serta khas Tabanan, disampaikan ke Dinas Perdagangan dan Perindustrian,” tandasnya. *des

loading...

Komentar