nusabali

BPBD Badung Gelar Simulasi Gempa di Getasan

  • www.nusabali.com-bpbd-badung-gelar-simulasi-gempa-di-getasan

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Badung menyelenggarakan simulasi gempa bumi di Desa Getasan, Kecamatan Petang, Minggu (26/5) siang.

MANGUPURA, NusaBali

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BPBD Kabupaten Badung I Wayan Wirya, mengatakan simulai gempa rutin dilakukan dalam upaya memberikan pemahaman kepada masyarakat, apa yang harus dilakukan bila terjadi gempa.

“Kami sudah melakukan simulasi gempa bumi di beberapa desa. Kali ini giliran Desa Getasan. Simulasi ini menggambarkan gempa bumi yang berdampak kebakaran disebabkan oleh korsleting listrik,” ujarnya.

Dalam simulasi ini, lanjut Wirya, digambarkan pula ada msyarakat yang meninggal, luka berat, luka ringan. Sebab perlu tempat evakuasi segera, sehingga dibuatkan penampungan untuk penanganan tahap awal bagi para korban. “Simulasi ini diikuti stakeholder yang ada di Desa Getasan seperti BPD, LPM, linmas, karang taruna, ambulans desa, desa adat, PKK, PMI,” kata Wirya yang notabene Kadis Kebakaran dan Penyelamatan Badung.

Perbekel Getasan I Wayan Suandi, menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya simulasi gempa bumi ini. Simulasi penanggulangan bencana gempa bumi sangat besar manfaatnya untuk kesigapan masyarakat. “Jadi, masyarakat bisa tanggap bencana bila sewaktu-waktu terjadi bencana alam yang kita tidak ketahui,” ujarnya. *asa

loading...

Komentar