nusabali

Investor Asing Beli SBN Rp 1,7 Triliun

  • www.nusabali.com-investor-asing-beli-sbn-rp-17-triliun

Investor asing tercatat membeli bersih Surat Berharga Negara (SBN) sebesar Rp1,7 triliun pada kurun 21-22 Mei 2019, meskipun di dalam negeri sedang terjadi demonstrasi cukup masif terkait Pemilu Presiden (Pilpres) 2019.

JAKARTA, NusaBali

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo, Kamis (23/5), memandang bahwa kepercayaan investor asing masih sangat terjaga terhadap fundamental perekonomian Indonesia. Adapun tekanan yang sempat melanda Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dan nilai tukar rupiah dalam sepekan terakhir diklaim Perry lebih karena eskalasi perang dagang antara AS dan China.

"Di Pasar Surat Berharga Negara (SBN) terjadi inflow (aliran masuk dana asing) sekitar net buy Rp1,7 triliun. Dan ini dipengaruhi ekspektasi perbaikan ekonomi domestik ke depan, dan juga tentu saja imbal hasil yang cukup baik," ujar dia.

Meskipun imbal hasil menurun karena prospek obligasi yang meningkat, imbal hasil SBN tenor 10 tahun masih dipandang Perry cukup kompetitif, di sekitar 7,95 persen dibandingkan dengan imbal hasil di negara-negara sepadan (peers).

Dengan perkembangan hingga Kamis ini, total aliran masuk dana asing ke SBN sejak awal tahun sebesar Rp57 triliun. "Saya kira aliran masuk dana asing yang berlanjut menunjukkan kepercayaan pasar dari asing dan domestik," ujar dia.

Perry mengatakan BI siap untuk intervensi di pasar SBN dan valas untuk membendung tekanan yang bisa melemahkan nilai tukar rupiah.

"Saat terjadi aliran keluar dana asing (outflow), tentu kami akan intervensi, tentunya di pasar valas dan membeli SBN di pasar sekunder. Kami sudah membeli SBN di pasar sekunder sejak awal Januari hingga saat ini sebesar Rp19,47 triliun (year to date/ytd)," ujar Perry. *ant

Komentar