nusabali

Buka BBAF 2019, Bupati Janji Benahi Pantai Berawa

  • www.nusabali.com-buka-bbaf-2019-bupati-janji-benahi-pantai-berawa

Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta didampingi Ketua DPRD Badung I Putu Prawata dan Wakil Bupati I Ketut Suiasa, Camat Kuta Utara AA Arimbawa, Perbekel Tibubeneng Made Kamajaya, membuka Berawa Beach Arts Festival (BBAF) 2019, Kamis (23/5) malam.

MANGUPURA, NusaBali

Event yang telah kali kedua diselenggarakan ini berlangsung dengan semarak.  Pada kesempatan tersebut ditampilkan Tari Wasundhar yang merupakan maskot Desa Tibubeneng, Kecamatan Kuta Utara ini memiliki makna Wa yang berarti keadaan, golongan, dan kelompok bila diartikan dalam bahasa Sanskerta. Sedangkan Sundhari berarti mata air atau gadis cantik, ada pula yang mengartikan Sundhar atau Sunar berarti cahaya terang atau sesuluh, dan Ri berarti Siddi atau kesempurnaan, kemampuan luar biasa, dan kekuatan supranatural. Jadi dapat dianalogikan, Wasundhari berarti air yang keluar (mata air) akibat dari kekuatan maha dahsyat (supranatural) dari penguasa Tibubeneng saat itu, I Gusti Gede Mangku, sehingga menggenangi tibuan yang sebelumnya kering (neng).

Ketua Panitia I Made Dwijantara, mengatakan bila pada BBAF pertama memecahkan rekor MURI dengan sajian Cak Konser Kolosal 5.555 siswa, kali ini hadir dengan konsep berbeda yaitu memecahkan rekor MURI kategori karya seni instalasi gigantik/terbesar yang mengangkat binatang laut Gurita.

Bupati Giri Prasta memberikan apresiasi atas terselenggaranya BBAF 2019. “Saya mengapresiasi kegiatan ini. Apalagi BBAF kali ini mendapatkan rekor MURI untuk panggung tematik (Gurita raksasa) terbesar,” ujarnya

Menurut Bupati Giri Prasta, BBAF akan berdampak secara langsung terhadap kunjungan wisatawan. Pihaknya berharap event ini berkelanjutan di masa mendatang. “Kami harapkan kegiatan ini jadi event tahunan.”

Pada kesempatan tersebut bupati juga menyampaikan akan menata Pantai Berawa seperti pantai lainnya di Badung. Sehingga dapat mendatangkan wisatawan.

BBAF 2019 akan berlangsung selama empat hari, hingga Minggu (26/5) mendatang. Pemkab Badung memberikan support atas terselenggaranya kegiatan tersebut. Adapun total anggaran dalam pelaksanaan BBAF kali ini mencapai Rp 1,290 miliar. *asa

Komentar