nusabali

Setelah 6 Tahun, Ayu Ningsih Masuk Pelatnas SEA Games

  • www.nusabali.com-setelah-6-tahun-ayu-ningsih-masuk-pelatnas-sea-games

Setelah hampir enam tahun di Pelatnas jangka panjang PB PASI, atlet atletik Bali Gusti Ayu Mardili Ningsih masuk pelatnas SEA Games 2019.

JAKARTA, NusaBali

Masuknya Ayu Ningsih, menambah jumlah atlet Pulau Dewata di Pelatnas.  Sebelumnya, atlet lompat jauh Maria Natalia Londa dipastikan tetap di Pelatnas.  Hingga kini Maria masih menjadi salah satu andalan tim Indonesia, khusus di lompat jauh.

"Pelatnas SEA Games dihuni 35 atlet. Dua diantaranya dari Bali. Maria dan Ayu Ningsih," ujar pelatih Atletik Agus Ngamel, Kamis (23/5).

Ayu Ningsih difokuskan di nomor 400 meter perorangan putri dan estafet 4x400 meter putri. Namun di nomor estafet, kata Agus, belum ditentukan Ningsih akan tandem dengan siapa saja.

Sebab, masih ada penilaian bagi atlet pelatnas dan di luar pelatnas melalui Kejurnas pada 4-10 Agustus. Nantinya akan ada degradasi. Sedangkan bagi atlet di luar Pelatnas yang memiliki prestasi bagus dapat masuk pelatnas.

"Jadi posisi atlet di pelatnas belum aman, karena ada degradasi. Sedangkan semua atlet diluar pelatnas masih punya peluang untuk masuk," jelas Agus.

Sebagai pelatih yang menangani Ayu Ningsih langsung, Agus berharap anak didiknya berjuang keras di babak penilaian akhir itu dengan mendapatkan prestasi terbaik di Kejurnas. Apalagi Kejurnas jadi ajang try out bagi atlet pelatnas mengasah kemampuannya.

"Waktu ke SEA Games sangat singkat, karena terpotong libur Lebaran. Maka try out belum ditentukan sehingga Kejunas dapat digunakan atlet pelatnas sebagai ajang try out juga," terang Agus.

Saat bulan puasa, latihan tidak mengalami perubahan. Para atlet tetap menjalani latihan seperti biasa, pagi dan sore. Kecuali Minggu pertama puasa, latihan dikurangi agar mereka adaptasi dulu. Kini latihan sudah berjalan normal kembali.

Ayu Ningsih sendiri merasa bersyukur bisa masuk pelatnas SEA Games. Ia mengaku, akan berlatih keras agar kelak menjadi bagian dari tim inti atletik Merah Putih.

"Senang dan bersyukur dapat di Pelatnas SEA Games. Saya bakal berlatih keras untuk menjadi bagian tim inti," tegas anak kedua dari tiga bersaudara ini.

Kelak bila terpilih sebagai bagian tim inti SEA Games 2019 di Filipina, itu merupakan kiprah pertamanya di kejuaraan antar negara di Asia Tenggara. Ayu Ningsih masuk Pelatnas PB PASI sejak Agustus 2013. *K22

Komentar