nusabali

Dinas PKP Tebar 230 Ribu Benih Nila di Danau Batur

  • www.nusabali.com-dinas-pkp-tebar-230-ribu-benih-nila-di-danau-batur

Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan (PKP) Bangli akan menebar benih  (restocking) ikan nila di Danau Batur, Kecamatan Kintamani, Bangli, Jumat (24/5).

BANGLI, NusaBali

Benih ikan yang akan disebar sebanyak 230 ribu. Penebaran akan dilakukan di lima titik.  Kasi Budidaya Perikanan Dinas PKP Bangli, I Wayan Widana, mengatakan program restocking rutin dilaksanakan setiap tahun. Restocking kali ini menyasar perairan umum sebagai upaya menambah populasi ikan di Danau Batur. “Aktivitas penangkapan harus diimbangi pengembangan populasi. Aktifitas penangkapan ikan di danau cukup tinggi,” ungkap Wayan Widana, Kamis (23/5).

Penebaran benih akan dibagi menjadi lima titik yakni di dermaga  Kedisan, Desa Buahan, Desa Abang Batu Dingding, Desa Abang Songan, dan Dusun Cemara Landung, Desa Trunyan, Kecamatan Kintamani. “Setiap titik lokasi penebaran mendapat jatah benih ikan sebanyak 130 kantong, masing-masing kisaran 300 ekor benih ikan nila,” jelasnya. Penebaran benih ikan akan dipusatkan di dermaga Kedisan.

Dikatakan, benih ikan berasal dari Balai Benih Ikan (BBI) Bangli. Wayan Widana memastikan benih yang ditebar kwalitasnya bagus dan sudah tersertifikasi. “Untuk mengurangi benih yang sakit seperti jamuran,” ujarnya. Dinas PKP Bangli bersama salah satu organisasi telah melakukan restocking di sungai Sangsang dengan menebar10 ribu benih ikan nila. Penebaran benih ikan juga melibatkan kelompok  petani ikan, Sat Polair Polres Bangli, TNI, dan Dinas Perhubungan. “Sejumlah armada disiapkan untuk penebaran benih di danau,” terangnya. *esa

Komentar