nusabali

Empat Jabatan Eselon II Siap Dilelang

  • www.nusabali.com-empat-jabatan-eselon-ii-siap-dilelang

Kepala BKD Resmi Dijabat Sugiarta

SINGARAJA, NusaBali

Pengisian empat jabatan Eselon IIB di Lingkup Pemkab Buleleng, segera dilakukan melalui proses lelang oleh panitia seleksi (Pansel). Targetnya, akhir Juli 2019 sudah ada pejabat yang terpilih untuk ditetapkan dan dilantik.

Empat jabatan yang dilelang yakni Kepala Badan Kesbangpol, Kepala Dinas Pertanian, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran, dan Kepala Dinas Koprasi dan UKM. Dari empat jabatan itu, dua di antaranya; Kepala Badan Kesbangpol dan Kepala Dinas Pertanian, kosong cukup lama. Kedua jabatan itu dipercayakan kepada Sekretaris masing-masing sebagai Plt. Sedangkan dua jabatan lagi; Kepala Dinas Koperasi dan UKM, juga akan kosong mengingat pejabatnya Nyoman Suwatantra akan pensiun awal Juli 2019, dan jabatan Kepala Damkar kosong karena pejabatnya Gede Sugiarta Widiada, resmi pindah ke posisi Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD).

Pelantikan Sugiarta sebagai Kepala BKD dilakukan Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana, Kamis (23/5) siang di Kantor Bupati Buleleng, Jalan Pahlawan Singaraja. Usai pelantikan, Bupati Putu Agus Suradnyana mengungkapkan, terhadap jabatan yang kosong akan segera dilakukan pengisian melalui proses lelang. Bupati juga menyebut, ada perubahan pola pengisian melalui proses lelang, dimana prosesnya dilakuan lebih awal sebelum posisi jabatan yang dilelang kosong (ditinggal pensiun, Red), seperti posisi Kadis Koperasi dan UKM. “Sehingga begitu pejabatnya pensiun, sudah ada penggantinya lewat seleksi. Jadi tidak ada lagi Plt, sudah bisa dilangsung definitif,” ungkap Bupati Agus Suradnyana.

Menurut Bupati, proses pengisian lelang terhadap empat jabatan mulai dilaksanakan pekan depan. Sehingga harapannya, Juli 2019 nanti sudah ada pejabat yang terpilih, karena Bupati berencana melakukan mutasi besar-besaran di bulan tersebut. “Setelah itu (ada pejabat hasil lelang,Red), baru nanti saya lakukan mutasi, perputaran dan banyak juga pengisian nanti,” katanya.

Sementara Kepala Badan Kepegawaian Daerah dan Pengembangan SDM (BKPSDM) Gede Wisnawa mengatakan, pekan depan Pansel akan mengajukan permohonan rekomendasi guna mengadakan pengisian jabatan melalui lelang, ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). “Senin depan kami ke KSAN. Setelah ada izin dari KSAN atas empat jabatan yang kosong itu, baru kami bisa berproses. Targetnya Juli nanti sudah ada pejabat yang terpilih,” jelasnya.  

Dijelaskan, proses pengisian jabatan melalui lelang dapat dilakukan enam bulan sebelumnya, guna menghidari kekosongan jabatan. Sehingga untuk pengisian jabatan Kadis Koperasi dan UKM, dapat dilakukan sebelum pejabatnya pensiun. “Nanti begitu pejabatnya pensiun, posisi itu sudah langsung terisi oleh pejabat difinitif, tidak lagi Plt,” ujarnya.

Sementara, dalam pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Kamis kemarin, selain melantik Gede Sugiarta Widiada sebagai Kepala BKD, juga dilakukan pelantikan terhadap pejabat struktural eselon IV, setingkat kepala seksi (Kasi) di sejumlah kelurahan. *k19

Komentar