nusabali

Diskoperindag Jembrana Temukan Parcel Tanpa Label

  • www.nusabali.com-diskoperindag-jembrana-temukan-parcel-tanpa-label

Jajaran Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Jembrana melakukan sidak parcel di sejumlah swalayan di kota Negara, Rabu (22/5).

NEGARA, NusaBali

Saat sidak parcel terkait Hari Raya Idul Fitri itu petugas menemukan sejumlah parcel yang tidak dilengkapi label mengenai daftar item produk maupun tanggal kadaluwarsanya.

Parcel tanpa label itu ditemukan di salah satu swalayan. Meski pembungkus yang digunakan adalah plastik transparan, pihak manajemen swalayan yang bersangkutan diminta mencantumkan label mengenai daftar isi produk maupun tanggal kadaluwarsanya, sebagai informasi kepada pelanggan. Hal itu karena tidak mungkin pelanggan yang akan membeli parcel, membuka pembungkusnya, dan mengecek satu per satu isinya, termasuk waktu kadaluwarsa setiap produk di dalam parcel.

Sementara di beberapa swalayan lainnya, parcel yang dijual sudah memenuhi standar. Selain dilengkapi label daftar isi produk maupun tanggal kadaluwarsa, ada juga salah satu pihak swalayan yang mencantumkan label garansi ketika terdapat produk kadaluwarsa di dalam parcel. Meski sudah dilengkapi label tersebut, petugas tetap berusaha membuka sejumlah parcel untuk memastikan tidak ada produk yang kadaluwarsa.

Kepala Dinas Koperindag Jembrana I Komang Agus Adinata, mengatakan sidak parcel jelang Hari Raya Idul Fitri 2019 ini dilakukan untuk mengantisipasi keberadaan produk-produk kadaluwarsa di dalam parcel. Begitu juga memastikan parcel yang dijual sesuai standar, dengan mencantumkan daftar isi produk maupun tanggal kadaluwarsanya.

“Dari pengecekan tadi, tidak ada ditemukan produk-produk kadaluwarsa. Tetapi ada parcel yang tidak dilengkapi daftar item produk-produknya. Kami sudah minta agar dilengkapi, dan dari pihak swalayan memastikan segera menindaklanjuti saran untuk memberikan informasi kepada pelanggan tentang isi produk di dalam parcel,” ujar mantan Camat Negara, ini. *ode

Komentar