nusabali

Bayu KW Akhirnya Jadi ‘Sopir Kapal’

  • www.nusabali.com-bayu-kw-akhirnya-jadi-sopir-kapal

Lagu ‘Sopir Kapal’ ini menceritakan impian menjadi sopir kapal itu terwujud. Dalam lagu ini diceritakan hidup happy ketika memiliki banyak uang.

DENPASAR, NusaBali

Penyanyi Bali yang terkenal dengan gaya nyentrik, Bayu KW akhirnya mewujudkan ‘impiannya’ menjadi sopir kapal. Jika dulu lirik lagu ‘Kanggoang Malu’ bunyinya “Nyen nawang buin pidan beli dadi sopir kapal”, kini single terbarunya berjudul ‘Sopir Kapal’, menjawab impian itu. Singlenya tersebut belum lama ini dirilis ke publik.

Penyanyi bernama lengkap Komang Bayu Kastawarsa ini menceritakan perbedaan kedua lagunya itu. Jika dulu, lagu ‘Kanggoang Malu’ yang dirilis sekitar tahun 2002 itu khayalan seorang sopir bemo yang ingin menjadi sopir kapal. Hidupnya serba kekurangan karena penghasilannya pas-pasan. Sedangkan lagu ‘Sopir Kapal’ yang rilis tahun 2019 menceritakan impian menjadi sopir kapal itu terwujud. Dalam lagu tersebut diceritakan hidup happy ketika memiliki banyak uang.

“Lagu Sopir Kapal ini diciptakan oleh D’Go Vaspa. Kalau yang dulu ‘Kanggoang Malu’ itu ceritanya menghayal jadi sopir kapal. Sebab jadi sopir bemo hidup masih kekurangan. Di lagu Sopir Kapal ini, karena punya banyak duit, jadi kepingin menikmati kehidupan yang serba happy. Apalagi cewek-cewek kepingin dekat karena melihat punya uang banyak,” jelas penyanyi kawakan asal Banjar Tabu, Desa Selat, Klungkung ini, Rabu (22/5).

Pencipta lagu ‘Sopir Kapal’ D’GO Vaspa menjelaskan, lagu tersebut dibuat energik namun agak ‘banyol’ sesuai dengan karakter Bayu KW. Cerita di lagu Sopir Kapal ini, kata D’Go, masih enak untuk diangkat di zaman sekarang ini. “Saya buat lagu yang kayak karakter bapak-bapak zaman sekarang yang punya uang hidup happy, tapi tidak begitu banyol. Menurut saya karakter seperti Bli Bayu KW ini beda dengan yang lain. Jarang ada yang punya karakter seperti beliau,” katanya D’Go.

Bayu KW meski tidak terdengar kabarnya mengeluarkan karya lagi, namun ia tetap aktif menghibur keliling. Dengan kehadiran single barunya, ia berharap bisa mengobati kerinduan para penggemarnya. Ditanya soal kehadiran penyanyi-penyanyi baru, Bayu KW merasa justru senang. Karena dengan makin banyak penyanyi yang bermunculan semakin semarak dunia musik Bali.

“Harapan saya dengan bermunculannya penyanyi pendatang baru, semoga bisa mengulang kesuksesan blantika musik Bali tahun 200-an. Asal bisa berkarya yang lebih kreatif dan inovatif, serta mencari karakter jati diri sebagai penyanyi,” ujar Bayu KW.

Ditanya soal persaingan dengan penyanyi pendatang baru, Bayu KW hanya menanggapinya dengan santai. Ia yakin penggemarnya militant. “Justru saya suka kalau ada pendatang baru bisa muncul dengan membawa karakter sendiri. Kalau Bayu KW masih dengan membawa karakter sendiri, tiang yakin yakin penggemar Bayu KW sudah militan. Astungkara tetap setia sampai sekarang,” tandasnya. *ind

Komentar