nusabali

Persentase Pajak Penerangan Jalan Minim

  • www.nusabali.com-persentase-pajak-penerangan-jalan-minim

Potensi pajak penerangan jalan setahun mencapai Rp 6,5 miliar lebih. Namun persentase pajak penerangan jalan untuk biaya oprasional penerangan jalan umum (PJU) di Bangli masih minim.

BANGLI, NusaBali

Anggaran operasional PJU hanya Rp 1,5 miliar. Pemanfaatannya untuk membayar tagihan rekening listrik mencapai Rp 1,3 miliar per tahun.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Bangli, Gede Arta, mengungkapkan jika persentase pajak penerangan jalan ditingkatkan, bisa dimanfaatkan untuk peremajaan. “Andai kata diberikan setengahya saja dari pajak penerangan jalan, kami bisa melakukan peremajaan PJU secara bertahap setiap tahun. Hitungan 5 tahun Bangli bisa terang,” ungkap Gede Arta, Selasa (21/5). PJU yang  ada hampir sebagian besar sudah perlu peremajaan, kebanyakan pengadaan tahun 1990-an.

Gede Arta menyebutkan, tahun ini pemerintah pusat kembali berikan bantuan lampu penerangan jalan umum untuk ruas jalan nasional yang menghubungkan  Penelokan, Desa Songan, Desa Kedisan, dan Desa Trunyan. “Untuk tahun 2019 akan dipasang 65 titik lampu lagi,” sebutnya. Jalan yang menghubungkan Desa Manikliyu, Kecamatan Kintamani menuju Desa Langgan tembus Tenten Kintamani akan dipasaingi 250 titik PJU. *esa

Komentar