nusabali

Try Out Harus Tuntas Akhir Agustus

  • www.nusabali.com-try-out-harus-tuntas-akhir-agustus

Program latihan dan try out harus memperhitungkan peak performance atlet agar tampil bagus di gelaran Porprov.

Atlet Denpasar Songsong Porprov 2019


DENPASAR, NusaBali
Tak mau ‘kenapa-kenapa’ dengan atlet yang disiapkan memboyong gelar juara umum Porprov Bali XIV di Tabanan pada September mendatang, KONI Kota Denpasar me-warning semua cabor agar menuntaskan program try out  pada akhir Agustus.

“Mulai awal September sudah fokus pada pertandingan Porprov,” pesan Humas KONI Kota Denpasar, I Dewa Gde Rai, Selasa (21/5).

Selama ini, kata Dewa Rai, cabor sudah mendapat kebebasan soal arah dan kemana tujuan try out. Tapi kini diingatkan bahwa ada batasan waktu para atlet berada di luar daerah. “Pokoknya jangan sampai bulan September ada ujicoba dalam bentuk program try out," ucap Dewa Rai.

Menurut Dewa Rai, penekanan itu penting dilakukan agar pada saat Porprov nanti benar-benar matang dan dalam kondisi top performance. Sebab, Porprov secara resmi akan digulirkan mulai tanggal 9 hingga 19 September mendatang. “Itu artinya awal September kami sudah bersiap berangkat ke Tabanan. Dengan durasi jadwal Porprov penuh selama 10 hari berturut-turut,” ujarnya.

Disebutkan pula bahwa sejumlah cabor juga akan dipertandingkan mendahului sebelum pembukaan tanggal 9 September 2019. Di antaranya sepakbola dan sepak takraw bertanding mendahului. Artinya awal September, atlet sudah berjibaku dalam memburu medali. “Jadi, tidak baik jadwal try out dengan jadwal bertanding di Porprov digelar berdekatan. Itu sebabnya, kami batasi hingga akhir Agustus saja soal try out," papar Dewa Rai.

Batasan ini juga untuk mengantisipasi faktor cedera. Karena pemulihan  cedera tidak bisa dilakukan dengan singkat. “Meskipun ada sparring mungkin dikemas dengan santai saja. Teknisnya semua itu ada di pelatih yang mengetahui secara pasti menjaga kondisi atletnya agar tetap prima. Jadi, tidak mungkin melakukan try oyt. Apalagi try out dalam bentuk ikut kejuaraan di awal September,“ tegasnya.

Dewa Rai mengimbau pada awal September lebih baik fokus mengatur strategi bertanding di Porprov. "Kalau mau try out mengasah mental dan jam terbang bermain, silakan saja manfaatnya waktu di bulan ini sampai akhir Agustus nanti. Sebab, sudah ada cabor try out menyasar keluar daerah. Menyesuaikan agenda di luar Bali," jelas Dewa Rai.

Dia juga mengingatkan bahwa yang dicari adalah top performance atlet saat Porprov berlangsung. Karena itu program latihan dan try out harus benar-benar disiapkan secara matang.Apalagi setiap cabor sudah mengetahui jadwal dan lokasi bertandingnya.

Sementara itu menanggapi soal perkembangan fisik atlet, diakui secara umum ada peningkatan dari tes fisik tahap pertama. "Kalau efektifnya kita masih ada waktu tiga bulan saja. Nanti tetap ada evaluasi akhir soal tes fisik. Termasuk akan kembali dites beberapa hari jelang turun di Porprov," kata Dewa Rai.*dek

Komentar