nusabali

Eka Jaya-Ayu Saraswati Comeback

  • www.nusabali.com-eka-jaya-ayu-saraswati-comeback

Talent dalam video klip ‘Astungkara Ada Jalan’ melibatkan anak-anak bernama Yoko dan Agus Mertayasa yang merupakan anak-anak berkebutuhan khusus (difabel).

Duet Lagi dalam Lagu ‘Astungkara Ada Jalan’


DENPASAR, NusaBali
Siapa yang tidak kenal duet legenda penyanyi Bali, Eka Jaya-Ayu Saraswati. Tembang duet mereka yang ‘Mebunga-bunga’, ‘Metunangan’, dan ‘Ngancan Demen’, keduanya hits di tahun 2000-an. Kini mereka comeback berduet di lagu teranyar ciptaan Eka Jaya berjudul ‘Astungkara Ada Jalan’ yang dirilis Selasa (21/5) di Happy Puppy Jalan Gatot Subroto Denpasar.

Keduanya bertemu kembali di sela kesibukan bekerja masing-masing. Hampir belasan tahun nama mereka tidak terdengar lagi mengeluarkan karya. Eka Jaya misalnya, terakhir membuat album tahun 2006. Pelantun tembang hits ‘Selem Selem Manis’ ini memilih vakum untuk sementara waktu untuk merefresh dirinya sendiri, agar bisa kembali berkarya dengan lebih fokus.

“Saya rasa butuh refresh, break sebentar. Karena saya sempat mengalami semacam kejenuhan. Ketika saya menciptakan lagu, kok idenya gak keluar-keluar. Nah, dengan Ayu (Ayu Saraswati) juga jarang sekali ketemu karena sama-sama sibuk. Sekarang baru sempat merampungkan lagu duet ini,” kata Eka Jaya.

Pertemuan kembali keduanya diawali saat sama-sama melakukan kegiatan sosial menghibur para pengungsi erupsi Gunung Agung di tempat pengungsian. Saat itu terpikir mengajak kembali Ayu Saraswati berduet namun dalam tema yang lebih universal. “Waktu itu timbul ide, kenapa kita tidak buat lagu duet yang menujukkan cinta yang universal. Lebih ke sisi kemanusiaan. Dalam lagu ini saya memotivasi teman-teman dalam keadaan apapun harus bersyukur,” tuturnya.

Sementara Ayu Saraswati mengatakan, talent dalam video klip ‘Astungkara Ada Jalan’ melibatkan anak-anak bernama Yoko dan Agus Mertayasa yang merupakan anak-anak berkebutuhan khusus (difabel). Mereka dianggap istimewa karena memiliki semangat dalam menjalani hidup di tengah kekurangan yang dimiliki. Yoko dan Agus Mertayasa adalah contoh kecil dimana ketidaksempurnaan bukanlah sebuah batasan.

“Mereka begitu semangat dan bersyukur dengan keadaannya. Lalu kenapa kita yang normal tidak bisa lebih bersyukur dari yang mereka punya. Tidak alasan bagi kita untuk mengeluh,” terang Ayu sambil menahan air mata.

Di lagu kali ini, Ayu mengaku sangat bahagia karena bisa mempersembahkan lagu tentang kehidupan yang akan menjadi motivasi ke depannya bagi pendengar dan penonton video klipnya. “Bukan melepaskan tema (lagu) percintaan. Harapan kami lebih bisa megedukasi masyarakat, agar jangan mudah putus asa. Percayalah, akan selalu ada jalan,” kata biduanita yang populer lewat tembang ‘Sayangang Tiang’ ini.

Ditanya soal menjaga chemistry dengan teman duetnya, Ayu Saraswati mengaku selalu blak-blakan dengan Eka Jaya. Sehingga tidak ada rasa canggung diantara keduanya ketika berduet kembali. “Kalau ditanya soal chemistry, saya sama Eka itu sudah seperti saudara, jadi blak-blakan saja sama dia. Gak ada rasa canggung, habis-habisan saling kritik. Tapi tidak ada rasa marah,” tandasnya.*ind

Komentar