nusabali

Seleksi Masuk SMA/SMK Bali Mandara Makin Ketat

  • www.nusabali.com-seleksi-masuk-smasmk-bali-mandara-makin-ketat

Seleksi masuk SMA/SMK Bali Mandara lebih ketat dibandingkan tahun sebelumnya.

AMLAPURA, NusaBali

Terbukti banyak siswa SMP berguguran saat tahap seleksi. Misalnya SMPN 2 Selat mendaftarkan 8 siswa, yang masuk hanya 4 siswa. Seleksi tahap awal tak jaminan siswa diterima, sebab akan ada visitasi.

Wakasek Kesiswaan SMPN 2 Selat, Luh Caniari, mengatakan empat siswa yang lolos masing-masing 3 siswa untuk calon siswa SMA dan 1 siswa untuk SMK. “Keempatnya telah masuk budkem,” ungkap Luh Caniari, Selasa (21/5). Tiga calon siswa SMAN Bali Mandara itu yakni Mestri Arini, I Gusti Ngurah Arya Wibawa, dan I Dewa Ayu Trisna Dwi Saputri. Sedangkan satu siswa yang lolos seleksi SMKN Bali Mandara yakni I Gusti Ayu Sri Astuti. “Tahun lalu kami meloloskan satu siswa ke SMAN Bali Mandara. Tahun ini mudah-mudahan ketiganya lolos, tinggal menunggu visitasi,” imbuh Luh Caniari.

Kasek SMPN 2 Rendang, Ketut Suparjana, juga mengaku buat sementara meloloskan 4 siswa, masing-masing 3 siswa ke seleksi calon siswa SMAN Bali Mandara dan 1 siswa ke SMKN Bali Mandara. Ketiga siswa calon ke SMAN Bali Mandara yakni Ni Wayan Novi, Ni Wayan Diantari, dan I Ketut Gunawan Andika. “Semuanya dari keluarga kurang mampu,” jelas Ketut Suparjana. Semmentara SMPN 5 Amlapura mendaftarkan  2 siswa di SMAN Bali Mandara dan dari SMPN 1 Amlapura mendaftarkan 5 siswa.

Kabid Pembinaan SMP Disdikpora Karangasem, I Wayan Sarya, mengaku belum dapat informasi detail dari semua SMP yang mendaftarkan siswanya di SMAN/SMKN Bali Mandara. “Nantilah, biar datanya lengkap,” pintanya.

Tahun lalu secara keseluruhan dari Karangasem sebanyak 38 siswa yang mendaftar, hanya diterima 21 siswa di SMAN Bali Mandara. Sedangkan tahun 2017 diterima sebanyak 29 siswa, terjadi penurunan 8 siswa. Khusus untuk di tahun 2018 dari 21 siswa yang diterima berasal dari 13 sekolah. *k16

Komentar