nusabali

Puluhan Pelanggan PDAM Belum Dapatkan Air

  • www.nusabali.com-puluhan-pelanggan-pdam-belum-dapatkan-air

Unit Abuan Kecamatan Susut ada penambahan debit air sehingga bisa buka pendaftaran calon pelanggan.

BANGLI, NusaBali

Puluhan pelanggan baru PDAM Bangli di Dusun Palaktiying, Desa Landih dan Desa Bangbang, Kecamatan Tembuku, Bangli belum mendapatkan pasokan air bersih. PDAM beralasan masih ada perluasan jaringan sehingga belum sepenuhnya pelanggan terlayani. Pelanggan di Desa Bangbang yang belum terlayani sebanyak 28 pelanggan. Sementara untuk Dusun Palatiying sebanyak 24 pelanggan.

Plt Direktur PDAM Bangli, I Nyoman Terus Arsawan, menjelaskan pada tahun 2018, PDAM Bangli melakukan perluasan jaringan di Desa Bangbang dan Palaktiying sehingga kebutuhan air bersih bagi masyarakat bisa terpenuhi. Total jumlah pelanggan untuk Desa Bangbang 372 pelanggan dan Dusun Palaktihing 103 pelanggan. Pelanggan di Desa Bangbang yang belum terlayani sebanyak 28 pelanggan. Sementara untuk Dusun Palatiying sebanyak 24 pelanggan. “Sebagain besar pelanggan sudah terlayani, tinggal beberapa saja yang belum,” ungkap Terus Arsawan, Selasa (21/5).

Saat ini PDAM masih melakukan pengerjaan untuk perluasan jaringan sehingga pelanggan segera terlayani. “Untuk bisa mengcover seluruh pelanggan, kami masih fokus pada perluasan jaringan,” akunya. Disampaikan, pengerjaannya akan dikebut sehingga dalam waktu dekat seluruh pelanggan sudah bisa menikmati layanan PDAM. Terus Arsawan juga mengungkapkan ada antrean calon pelanggan. Agar dapat melayani pelanggan, perlu mempertimbangkan sumber air. “Jangan sampai jaringan sudah terpasang, malah debit air tidak memadai,” imbuhnya.

Terus Arsawan mencontohkan, unit Abuan di Kecamatan Susut, sudah ada penambahan debit air sehingga bisa dibuka pendaftaran untuk calon pelanggan. Unit Abuan yang mencakup Dusun Sala, Serokadan, dan Abuan dengan jumlah 946 pelanggan memanfaatkan sumber mata air Taman Beteng di Dusun Manuk, Desa Susut  dan  Songlandak,  Desa Pengiangan, Susut.  “Untuk sumber Taman Beteng menggunakan sistem gravitasi sedangkan untuk sumber mata air Songlandak menggunakan tenaga pompa,” paparnya. Adanya penambahan debit air 5 liter per detik, memungkinkan untuk membuka ruang bagi calon pelanggan baru. “Sementara dibuka bagi 100 calon pelanggan dan selanjutnya penambahan bisa dilakukan secara bertahap,” jelasnya. *esa

Komentar