nusabali

Koster Angayu Bagia Atas Kemenangan Jokowi-Ma’ruf

  • www.nusabali.com-koster-angayu-bagia-atas-kemenangan-jokowi-maruf

‘Doa dan Dukungan Rakyat Bali Sertai Perjalanan Jokowi’

DENPASAR, NusaBali

Gubernur Bali Wayan Koster secara resmi menyampaikan angayu bagia dan ucapan selamat kepada Presiden Joko Widodo atas kemenangannya dalam Pilpres 2019. Joko Widodo (Jokowi) yang berpasangan dengan Ma’ruf Amin, mengungguli pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dengan 55,50 persen suara dari total 154.257.601 suara sah secara nasional.

“Saya sebagai pribadi, sebagai Gubernur Bali, serta mewakili seluruh masyarakat Bali, dengan ini menyampaikan selamat kepada Bapak Joko Widodo dan KH Ma’aruf Amin atas kemenangan pasangan ini dalam Pemilihan Presiden yang baru lalu,” ujar Gubernur Koster di Denpasar, Selasa (21/5).

Kemenangan pasangan Jokowi-Ma’aruf (Capres-Cawapres nomor urut 01 yang diusung PDIP-Golkar-PKB-PPP-NasDem-Hanura-PKPI-Perindo-PSI) ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI di Jakarta, Selasa dinihari. Berdasarkan rekapitulasi hasil Pilpres 2019 yang ditetapkan KPU RI, pasangan Prabowo-Sandi (Capres-Cawapres nomor urut 02 yang diusung Gerindra-Demokrat-PAN-PKS-Berkarya) hanya meraih 44,50 persen suara.

Dengan kemenangan ini, maka Jokowi dipastikan akan kembali memimpin Indonesia untuk lima tahun mendatang. “Kami angayu bagia, berterimakasih, dan berbahagia atas kemenangan Bapak Jokowi. Seluruh masyarakat Bali mendoakan agar Bapak Jokowi sekeluarga selalu dianugrahi kesehatan dan keselamatan, sehingga mampu membawa bangsa dan negara ini lebih maju lagi,” tandas Koster.

Dalam Pilpres 2019, pasangan Jokowi-Ma’aruf secara nasional unggul di 21 provinsi, termasuk di Bali. Khusus untuk Bali, Jokowi-Ma’ruf mencatat kemenangan fantastis dengan 91,68 persen suara, di mana tingkat partisipasi pemilih di daerah ini mencapai 82 persen. Prosentase kemenangan tersebut merupakan yang tertinggi di Indonesia. Ini menunjukkan betapa solidnya dukungan masyarakat Bali terhadap Jokowi-Ma’ruf. “Bapak Presiden sendiri telah menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasinya atas dukungan masyarakat Bali itu,” jelas Gubernur asal Desa Sembiran, Kecamatan Tejakula, Buleleng yang juga Ketua DPD PDI Perjuangan Bali ini.

Menurut Koster, betapa gembiranya Presiden Jokowi saat berkunjung ke Bali, 17-18 Mei 2019 lalu. “Beliau (Jokowi) sangat bahagia dengan sambutan masyarakat Bali dan berbagai kemajuan pembangunan di daerah ini,” tegas Koster.

Sebagai sesama kader PDI Perjuangan, Koster sempat terlibat obrolan santai dengan Presiden Jokowi dan Menteri Sekretaris Kabinet Pramono Anung Wibowo saat makan malam di Kuta, Kecamatan Kuta, Badung. Obrolan yang diselingi senda gurau akrab tersebut berlangsung di meja makan sembari Presiden Jokowi menyantap nasi goreng.

“Kalau tidak diingatkan oleh ajudan, ngobrol-ngobrol itu bisa sampai tengah malam,” ungkap Koster. “Saat itu, Bapak Presiden kembali menyatakan komitmennya untuk meningkatkan pembangunan infrastruktur di Bali dan juga memperkuat dukungan pemerintah pusat kepada desa adat,” lanjut mantan anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi PDIP Dapil Bali tiga kali periode (2004-2009, 2009-2014, 2014-2018) ini.

Pada bagian lain, Gubernur Koster juga mengimbau seluruh komponen masyarakat agar menerima hasil Pilpres, 17 April 2019, yang telah ditetapkan KPU. “Kemenangan Pak Jokowi dalam Pilpres 2019 harus dimaknai sebagai kemenangan bersama seluruh rakyat Indonesia,” katanya.

Koster pun meminta masyarakat untuk mengedepankan persatuan dan kesatuan bangsa, serta tegaknya ideologi Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika. “Pemilu sudah selesai, sebanyak 80 persen rakyat Indonesia telah menggunakan hak pilihnya dan memutuskan pilihannya dalam membangun demokrasi sesuai nilai nilai Pancasila. Sepantasnya kita menghormati pilihan dan keputusan rakyat Indonesia.”

Koster mengingatkan bahwa perbedaan pilihan dalam Pemilu Serentak 2019 seyogianya tidak membuat bangsa kita menjadi terpecah belah. “Kita harus mengedepankan kepentingan dan kemajuan bangsa di atas segala galanya, agar di bawah kepemimpinan Bapak Jokowi bangsa dan negara ini terus bergerak maju dengan dinamis dalam memasuki persaingan global,” pesan suami dari dramawati Ni Putu Putri Suastini ini. *

Komentar