nusabali

Aksi Resik Kumpulkan 3 Kubik Sampah Plastik

  • www.nusabali.com-aksi-resik-kumpulkan-3-kubik-sampah-plastik

Gerakan Semesta Berencana Bali Resik Sampah Plastik Kabupaten Gianyar dipusatkan di Pantai Siyut, Desa Tulikup, Kecamatan Gianyar, Minggu (19/5).

GIANYAR, NusaBali

Untuk di Pantai Siyut, gerakan ini berhasil mengumpulkan tiga  kubik sampah plastik.  Gerakan dipimpin Sekda Gianyar I Made Gede Wisnu Wijaya ini merupakan gelaran kedua setelah sebelumnya dicanangkan Gubernur Bali I Wayan Koster, 7 April 2019. Aksi ini berpedoman pada Pergub Nomor 97 Tahun 2018 tentang Pembatasan Timbulan Sampah Plastik Sekali Pakai. Tujuannya, memelihara serta melestarikan alam Bali agar selalu bersih dan hijau sesuai dengan visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Gianyar I Wayan Kujus Pawitra mengatakan, di Kabupaten Gianyar kegiatan bersih-bersih sampah plastik dilakukan di seluruh wilayah Kabupaten Gianyar. Antara lain di pantai, lingkungan perumahan dan pemukiman, banjar-banjar, semua desa, fasilitas umum, dan objek wisata. Pusat kegiatan ini di Pantai Siyut. Di masing-masing banjar dan desa, kegiatan bersih-bersih sampah plastik dikoordinir langsung oleh para perbekel/lurah bersama OPD bapak angkat desa binaan. "Kegiatan Semesta Berencana Bali Resik Sampah Plastik, sesuai arahan Gubernur Bali. Ini kami targetkan berkelanjutan dan dilaksanakan secara serentak dan bersama minimal setiap bulan sekali, sehari setelah bulan purnama," kata Kujus Pawitra.

Kegiatan Semesta Berencana Bali Resik Sampah Plastik di Pantai Siyut Desa Tulikup, dihadiri para pimpinan OPD, unsur TNI/Polri, Perbekel Tulikup, dengan melibatkan masyarakat Tulikup, siswa SD, SMP,  mahasiswa, dan komunitas pencinta lingkungan. Dari kegiatan bersih-bersih di Pantai Siyut, tiga meter kubik sampah plastik berhasil dikumpulkan. Sampah ini belum termasuk sampah plastik keseluruhan hasil kegiatan serentak di desa-desa se-Kabupaten Gianyar. "Belum bisa ditotal berapa banyak, kami menurunkan semua armada truk/mobil sampah, termasuk armada milik desa masing-masing," urai Kujus Pawitra. Setelah aksi bersih-bersih, digelar senam bersama.

Jelas Kujus Pawitra, dengan seringnya melaksanakan kegiatan Bali Resik Sampah Plastik, makin dapat mengedukasi masyarakat hingga sadar dan terpanggil untuk menjaga alam Bali dari bahaya sampah plastik. Selain itu, menjaga kelestarian alam untuk anak cucu ke depan. *nvi

Komentar