nusabali

Bupati Suwirta Pimpin Aksi Bali Resik Sampah Plastik

  • www.nusabali.com-bupati-suwirta-pimpin-aksi-bali-resik-sampah-plastik

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta didampingi Ny Ayu Suwirta, memimpin aksi perburuan sampah plastik di Pantai Batu Tumpeng, Desa Gelgel, Klungkung, Minggu (19/5) pagi.

SEMARAPURA, NusaBali

Aksi serangkaian ‘Gerakan Semesta Berencana Bali Resik Sampah Plastik’ ini merupakan program Pemprov Bali yang dicetus Gubernur Bali Wayan Koster. Aksi ini guna memerangi sampah plastik di Bali.

Aksi dimulai pukul 7.30 wita, ratusan peserta menyebar di sepanjang pantai yang menjadi favorit para peselancar asing ini. “Aksi ini adalah wujud komitmen Pemkab Klungkung bersama semua komponen dan masyarakat untuk mendukung program Pemprov dalam memerangi sampah plastik,” ujar Bupati Suwirta. Bupati Suwirta juga memerintahkan supaya semua kantor instansi untuk membuat Bang Daus (Lubang Daur Ulang Sampah). Fungsinya untuk mengolah sampah organik seperti daun daunan, sisa canang, dan makanan menjadi kompos.  Dengan demikian akan terjadi pengurangan sampah di sumber penghasil sampah dan jumlah sampah yang dibuang ke TPA berkurang.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Klungkung Anak Agung Ngurah Kirana mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan setiap bulan sekali, sehari setelah malam purnama. Pada aksi kali ini, untuk tingkat Provinsi Bali dipusatkan di Singaraja, untuk di Kabupaten Klungkung dipusatkan di Pantai Batu Tumpeng, Desa Gelgel.

Peserta aksi ini dari kalangan PNS, TNI, POLRI, pelajar SMA/SMK, warga desa setempat, karang taruna serta PKK. Selain di Pantai Batu Tumpeng, aksi ini juga dilaksanakan warga di wilayah desa masing-masing. *wan

loading...

Komentar