nusabali

Pembangunan Gedung SMP Baru Sudah Masuk Tahap Tender

  • www.nusabali.com-pembangunan-gedung-smp-baru-sudah-masuk-tahap-tender

Pembangunan gedung dua sekolah baru yakni SMPN 5 Abiansemal dan SMPN 6 Mengwi, kini masuk dalam proses tender.

MANGUPURA, NusaBali

Lokasi pembangunan SMPN 5 Abiansemal di Banjar Dirgahayu, Gerih, Kecamatan Abiansemal. Sedangkan, pembangunan SMPN 6 Mengwi di Banjar Jempayah, Desa Kekeran, Kecamatan Mengwi.

“Iya, sekarang sudah dalam proses tender. Untuk tender sudah sejak 15 Mei 2019, dan akan ditutup pada 27 Mei 2019,” ungkap Kepala Dinas Kependidikan, Kepemudaan, dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Badung I Ketut Widia Astika, Minggu (19/5).

Berdasarkan dokumen tender, masing-masing sekolah nilai pagu anggarannya mencapai Rp 15 miliar. Hingga sore kemarin sudah ada puluhan rekanan yang menyatakan berminat atas proyek tersebut.

Menurut Astika, pembangunan dua dari lima SMP negeri baru ini tidak lain karena pertimbangan kesiapan. “Tahun ini yang sudah siap adalah SMPN 5 Abiansemal dan SMPN 6 Mengwi. Jadi, kami garap dulu kedua sekolah tersebut. Lalu tiga sekolah lain yakni SMPN 7 Mengwi, SMPN 3 Kuta Utara, dan SMPN 3 Kuta, masih berproses,” imbuh Astika.

“Sebetulnya lahan untuk SMPN 7 di Cemagi sudah ada yaitu lahan milik provinsi. Tinggal berproses saja. Begitu juga SMPN 3 di Kerobokan Kelod, juga sudah ada tanah milik warga yang siap. Tinggal pengajuan anggaran pengadaan lahan di (anggaran) perubahan ini,” kata birokrat asal Kerobokan, Kuta Utara, itu.

Sementara, khusus SMPN 3 Kuta akan memanfaatkan salah satu dari SD 2 dan SD 4 di Kecamatan Kuta yang rencananya tahun ini akan diregrouping. “Salah satunya nanti tidak menerima siswa baru lagi, sehingga bisa untuk SMPN 3 Kuta. Namun, ini juga masih berproses. Masih dimusyawarahkan dengan tokoh-tokoh masyarakat,” tuturnya

Seperti diketahui, pada tahun ajaran 2018/2019, Pemkab Badung mendirikan SMP negeri baru, yakni SMPN 5 Abiansemal, SMPN 6 Mengwi, SMPN 7 Mengwi, SMPN 3 Kuta Utara, dan SMPN 3 Kuta. Namun, untuk kegiatan belajar mengajar di sekolah tersebut kini masih meminjam tempat di sekolah dasar (SD) terdekat atau satu atap dengan sekolah lain. SMPN 5 Abiansemal saat ini meminjam di SD1 Abiansemal, SMPN 6 Mengwi pinjam tempat di SD 2 Kekeran, SMPN 7 Mengwi di SD 4 Cemagi, SMPN 3 Kuta Utara di SD 1 dan SD 2 Kerobokan Kelod, dan SMPN 3 Kuta di SD 1 Kedonganan.

Pada tahun ajaran 2019/2020, Pemkab Badung memastikan lima sekolah baru tersebut akan kembali menerima siswa baru. “Tentu saja menerima siswa baru. Pembukaan penerimaan peserta didik baru (PPDB) akan dilakukan 17 Juli 2019 mendatang,” tandas Astika. *asa

loading...

Komentar