nusabali

Raih Treble, City Ukir Sejarah

  • www.nusabali.com-raih-treble-city-ukir-sejarah

Manchester City mengukir sejarah baru setelah menjuarai Piala FA di Stadion Wembley, London, Minggu (19/5) dini hari WITA.

LONDON, NusaBali
City menjadi tim Inggris pertama yang meraih treble gelar domestik.  City merengkuh tiga titel pada musim ini. Uniknya semua diraih di level domestik. Selain juara Piala FA, The Citizen juga juara Premier League dan Carabao Cup (Piala Liga Inggris). Gelar treble dipastikan setelah City menggulung Watford 6-0.

Gol-gol kemenangan City masing-masing disumbangkan David Silva (26), Kevin De Bruyne (61), Gabriel Jesus (68), dan hattrick dari Raheem Sterling (38,81,87). Dua gol lahir pada babak pertama, empat gol lainnya pada paruh kedua.

Kapten Manchester City senang luar biasa setelah memastikan gelar Piala FA. Dia melabeli The Citizen sebagai tim terbaik di dunia.  Menurutnya, City sebagai klub luar biasa. Ia merasa istimewa berada di City.

"Ini semua berawal dari manajer. Dia membuat standar pada awal musim dan mengatakan kami harus membukukan back to back gelar (Premier League)," kata Kompany kepada BBC Sport.

Pelatih Pep Guardiola sangat senang City meraih tiga gelar domestik. Pencapaian itu dianggap lebih sulit ketimbang menjuarai Liga Champions. Makin sempurna City mencetak rekor 50 kemenangan dalam semusim yang belum pernah diraih tim manapun.

"Ini salah satu musim terbaik saya sebagai manajer. Saya tidak ingin bilang yang terbaik tapi tentu saja salah satu yang terbaik," ujar Guardiola di BBC.

Meski sukses di level domestik, Guardiola masih ditunggu sentuhan terbaiknya di level Eropa. Sejak melatih City pada 2016, Guardiola dua kali mentok di perempatfinal sebelum tersingkir di babak 16 besar pada musim debutnya.

Sebelumnya, ada dua klub Inggris yang pernah membukukan treble. Tapi, satu gelar di antaranya diraih di kompetisi Eropa.  Liverpool dua kali membukukan treble pada musim 1983-1984 dan 2000-2001. Pada musim 1983-1984, The Reds juara Liga Inggris, Piala Liga, dan Liga Champions. Pada 2000-2001 The Reds jadi kampiun Piala FA, Piala Liga, dan Piala UEFA.

Lalu Manchester United juga pernah melakukannya pada musim 1998-1999. MU juara Premier League, Piala FA, dan Liga Champions. Saat itu, MU gagal menggenapinya dengan gelar Piala Liga. Hanya Manchester City yang meraih treble semuanya di kancah domestik. *

loading...

Komentar