nusabali

Bangun Desa Wisata, Sayan Anggarkan Rp 134 Juta

  • www.nusabali.com-bangun-desa-wisata-sayan-anggarkan-rp-134-juta

Dana desa selain digunakan pembangunan infrastruktur demi memajukan desa, juga untuk pengembangan desa wisata. Seperti dilakukan Desa Sayan, Kecamatan Ubud, Gianyar.

GIANYAR, NusaBali

Desa ini menggelontorkan anggaran Rp 134 juta untuk pengembangan Desa Wisata Alam Bija.  Hal itu diungkapkan oleh Perbekel Desa Sayan I Made Andika, Minggu (19/5). Pria asal Banjar Penestanan, Desa Sayan ini mengakui dana tersebut diambil dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) Tahun 2019.

Desa Wisata Alam Bija Sayan dikembangkan menjadi wisata rekreasi water tubing dan restauran Bijaku. “Sasarannya selain wisatawan asing, juga mengarah ke generasi milenial dan anak-anak sekolah lokal. Karena bisa untuk mengedukasi mereka tentang subak dan alam sawah,” terangnya.

Ide pengembangan desa wisata tersebut, jelas dia, dari Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dan Badan Usaha Milik Desa (BumDes) Sayan. Sesuai hasil musyawarah desa, pengembangan alam bija di Banjar Ambengan, Desa Sayan ini disepakati sebagai destinasi desa wisata.  

Pengelola desa wisata ini oleh BUMDes dan diawasi desa. “Sebenarnya itu sudah digarap sejak tahun lalu, yaitu pembangunan akses pavingisasi. Dilanjutkan pada tahun ini untuk pembangunan resto dan water tubing itu. Kemungkinan akan dilaunching, 1 Juni 2019,” ungkap Andika.*nvi

loading...

Komentar