nusabali

Kunjungan Wisatawan Menunjukkan Tren Turun

  • www.nusabali.com-kunjungan-wisatawan-menunjukkan-tren-turun

Penurunan tingkat kunjungan wisatawan lumrah terjadi pada awal tahun (low season). Kedatangan wisatawan ke Bali akan mengalami peningkatan pada pertengahan tahun.

MANGUPURA, NusaBali

Tingkat kunjungan wisatawan ke Bali selama empat bulan terakhir atau periode Januari – April 2019 mengalami penurunan jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya. Pada periode Januari-April 2019 total kunjungan wisatawan mencapai 1.828.935 jiwa. Padahal pada periode yang sama tahun 2018 totalnya 1.884.459 wisatawan. Sedangkan pada periode yang sama tahun 2017 totalnya 1.872.628 wisatawan.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Badung I Made Badra, mengatakan penurunan tingkat kunjungan wisatawan lumrah terjadi pada awal tahun. Namun kedatangan wisatawan ke Pulau Dewata akan mengalami peningkatan pada pertengahan tahun.

“Dari data memang mengalami penurunan. Tapi ini biasa terjadi pada awal tahun, sebab merupakan low season. Kami berharap Mei, Juni, dan Juli yang masuk musim liburan, ada peningkatan kunjungan yang signifikan,” kata Badra, Minggu (19/5).

Namun, dari grafik mulai menunjukkan peningkatan pada April 2019 ini. “Berdasarkan data Maret 2019, total kunjungan wisatawan 445.083 wisatawan. Sedangkan April mulai naik yakni 478.315 wisatawan. Biasanya kalau berkaca tahun lalu akan terus naik grafiknya,” ucap Badra.

Sejauh ini, lanjutnya, wisatawan masih didominasi dari China, Australia, dan India. “Kalau bulan April, setelah China, Australia, dan India, ada Inggris dan USA yang mendominasi. Tapi untuk Maret, setelah China, Australia, dan India, di urutan keempat dan kelima ada adalah USA dan Jepang,” papar Badra yang kini juga menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Kadis Perikanan Badung.

Dikatakan, pada 2019 menargetkan kunjungan wisatawan manca negara sebanyak 6,8 juta, sedangkan target 2018 sebesar 6,5 juta. Target ini optimistis tercapai karena telah diperhitungkan berdasarkan kalkulasi data. “Semoga tidak ada bencana atau tindakan kriminal yang menyebabkan suasana menjadi tidak kondusif, karena hal itu bisa menyebabkan penurunan kunjungan wisatawan,” katanya. *asa

loading...

Komentar