nusabali

Bhakti Panganyar Pemkab Bangli di Pura Luhur Giri Salaka

  • www.nusabali.com-bhakti-panganyar-pemkab-bangli-di-pura-luhur-giri-salaka

Pemkab Bangli ngaturang bhakti panganyar serangkaian pujawali di Pura Luhur Giri Salaka, Alas Purwo, Kecamatan Tegaldlimo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Wraspati Umanis Sinta, Kamis (16/5).

BANGLI, NusaBali

Rombongan Pemkab Bangli dipimpin Wakil Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta. Bhakti panganyar dipuput Ida Bopo Pandita Giri Dharma Arsa.

Wabup Sang Nyoman Sedana Arta mengatakan, bhakti panganyar bertujuan memohon keselamatan, karahayuan, dan kesejahteraan seluruh umat Hindu dimanapun berada. Bhakti panganyar merupakan wujud bhakti Pemkab Bangli kehadapan Ida Bhatara yang berstana di Pura Luhur Giri Salaka. Diharapkan Ida Bhatara memberikan keselamatan dan perlindungan untuk semua umat. “Semoga Ida Bhatara memberikan tuntunan dan sinar suciNya sehingga kita semua diberikan keselamatan dan kesejahteraan,” ungkap Wabup Sedana Arta.

Wabup Sedana Arta mengapresiasi dan terima kasih kepada panglingsir dan pangempon Pura Luhur Giri Salaka yang mengabdikan diri untuk menjaga dan merawat kesucian pura. “Atas nama Pemkab Bangli dan pribadi, saya menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada seluruh tokoh dan umat Hindu yang sudah menjaga pura ini dengan baik,” sebutnya. Sementara Kabag Kesra Setda Bangli, Jro Panyarikan Widata, mengatakan bhakti panganyar Pemkab Bangli di Pura Luhur Giri Salaka dipuput Ida Bopo Pandita Giri Dharma Arsa.

Bhakti panganyar yang dihaturkan yakni bebangkit, panglukatan, sorohan, dan upakara penegep panganyaran lainnya. Puncak pujawali sudah dilaksanakan pada Buda Kliwon Sinta atau Pagerwesi, Rabu (15/5). Ida Bhatara masineb pada Saniscara Pon Sinta, Sabtu (18/5). Di hari itu, Wabup Sedana Arta dan rombongan melaksanakan persembahyangan di Palinggih Situs Kawitan yang letaknya bersebelahan dengan Pura Luhur Giri Salaka. *esa

Komentar