nusabali

Bupati Giri Prasta Serahkan Hibah Rp 400 Juta

  • www.nusabali.com-bupati-giri-prasta-serahkan-hibah-rp-400-juta

Bupati Baudng I Nyoman Giri Prasta menghadiri karya mamungkah, ngenteg linggih, mupuk pedagingan, ngentegang bale kulkul, lan padudusan alit medasar tawur madurga jangkep yang digelar krama Banjar Batuculung di Pura Begawan Penyarikan, Kerobokan Kaja, Kecamatan Kuta Utara pada Wraspati Umanis Sinta, Kamis (16/5).

MANGUPURA, NusaBali

Bupati didampingi anggota DPRD Badung I Wayan Sandra, Camat Kuta Utara AA Ngurah Arimbawa beserta unsur tripika, Lurah Kerobokan Kaja I Made Adnyana, Bendesa Adat Kerobokan AA Putu Sutarja, tokoh masyarakat I Bagus Alit Sucipta. Pada kesempatan tersebut Bupati Giri Prasta didampingi para tokoh Batuculung melakukan penandatanganan prasasti dan menyerahkan bantuan upakara sebesar Rp 400 juta.

Parwartaka Karya I Gede Sumadi, menjelaskan pembangunan Balai Banjar Batuculung dan Pura Begawan Penyarikan Banjar Batuculung direncanakan sejak 2014 dengan dua tahap, bagian pertama dilaksanakan 2016 dengan membangun bale paruman atau wantilan, bale gong, pewaregan, dan bale kulkul yang menghabiskan dana Rp 1,6 miliar lebih. Bantuan diperoleh dari Pemkab Badung melalui hibah tahun 2016 sebesar Rp 500 juta, dari kas krama banjar sebesar Rp 300 juta, punia dari krama banjar sebesar Rp 550 juta, dan dari LPD Desa Kerobokan sebesar Rp 300 juta.

Pada 2018 dilanjutkan pembangunan tahap kedua, yaitu linggih Parahyangan, bale gede, gedong simpen, candi bentar, dan tembok penyengker yang menghabiskan dana Rp 1,3 miliar. Bantuan diperoleh dari Pemkab Badung melaui hibah 2018 sebesar Rp 1 miliar lebih dan dari LPD Desa Kerobokan sebesar Rp 250 juta. Dan pada Desember 2018 digelar mecaru, melaspas, mendem pedagingan, lan ngunggahang bale kulkul yang menghabiskan dana Rp 150 juta yang berasal dari krama Banjar Batuculung.

“Pada Buda Kliwon Sinta, Banjar Batuculung melaksanakan karya mamungkah, ngenteg linggih, mupuk pedagingan, ngantegang bale kulkul lan padudusan alit medasar tawur madurga jangkep yang menghabiskan dana Rp 500 juta yang bersumber dari Pemkab Badung sebesar Rp 400 juta dan dana punia krama banjar Rp 100 juta,” jelasnya.

Bupati Giri Prasta, mengapresiasi rasa persatuan krama Banjar Batuculung. “Pemkab Badung akan selalu memegang teguh dan berkomitmen untuk meringankan beban krama dan memenuhi kebutuhan dasar masyarakat seperti kebutuhan pribadinya yaitu sandang, pangan dan papan, pendidikan dan kesehatan,” ujarnya.

Di akhir kegiatan Bupati Giri Prasta menyerahkan punia sebesar Rp 10 juta untuk mendukung para sekaa gong Banjar Batuculung dan Rp 20 juta untuk PKK Banjar Batuculung. *

Komentar