nusabali

Bupati Suwirta Terima Tim Desk Kemenkopolhukam RI

  • www.nusabali.com-bupati-suwirta-terima-tim-desk-kemenkopolhukam-ri

Tim Desk Wilayah Perbatasan (Wiltas) dan Pulau-Pulau Kecil Terluar (PPKT) Kementerian Koordinasi Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Kemenkopolhukam) Republik Indonesia, menggelar kunjungan kerja di Kabupaten Klungkung.

SEMARAPURA, NusaBali
Rombongan yang dipimpin Asisten Deputi Wilayah Perbatasan Tata Ruang Kemenkopolhukam Yasid Sulistya, diterima langsung Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, di Ruang Rapat Praja Mandala Kantor Bupati Klungkung, Rabu (15/5).

Kegiatan ini merupakan rangkaian dari program kerja tim Kemenkopolhukam dalam rangka kunjungan kerja di Kabupaten Klungkung dan pemantauan lapangan terkait implementasi kebijakan pulau-pulau kecil terluar guna memperoleh data faktual tentang kondisi pertahanan dan keamanan Polhukam dalam rangka singkronisasi dan penyusunan kebijakan pengelolaan pulau-pulau kecil terluar.

Dalam kunjungan ini, tim melihat langsung pengelolaan pulau-pulau kecil terluar yang ada di wilayah Provinsi Bali Kususnya di Kabupaten Klungkung Kepulauan Nusa Penida. Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta mengatakan, Klungkung merupakan kabupaten yang luasnya terkecil kedua setelah Kota Denpasar dari 9 (sembilan) kabupaten/kota yang ada di Provinsi Bali. Luas wilayah Kabupaten Klungkung 315 km2 atau 31.500 Ha, di mana 1/3 terletak di Klungkung daratan (112,16 km2) dan 2/3 di Kepulauan Nusa Penida (202,84 km2).

Kedatangan dari Kemenkopolhukan merupakan gayung bersambut dari cita-cita bersama untuk menuntaskan telor emas yang ada di Nusa Penida yang sudah mulai menetas. Status Pulau Nusa Penida yang menyatu sebagai pulau terluar tentu pihaknya berharap semua perencanaan, permasalahan dan semua potensi yang ada, pihak Kemenkopolhukan bisa mendukung serta mendorong semua perencaan yang diusulkan.

Asisten Deputi Wilayah Perbatasan Tata Ruang Kemenkopolhukam Yasid Sulistya, menjelaskan di Indonesia ada sebanyak 111 Pulau kecil terluar, 42 Pulau berpenghuni termasuk Pulau Nusa Penida di Kabupaten Klungkung  dan sisanya tidak berpenghuni. "Kedatangan kami yakni untuk memantau perkembangannya karena pulau-pulau kecil merupakan Kawasan Strategis Tertentu (KST) khusnya dibidang pertahanan dan kedaulatan. Jangan sampai pulau kecil terluar kita hilang karena abrasi atau di kuasai Negara lain. Disini kami ingin melihat bagaimana pengelolaannya dan apa yang harus kita benahi," Jelas Asisten Deputi Wilayah Perbatasan Tata Ruang Kemenkopolhukam Yasid Sulistya. *wan

loading...

Komentar