nusabali

Caleg Incumbent Kembali Lolos, Warga Gundul Massal

  • www.nusabali.com-caleg-incumbent-kembali-lolos-warga-gundul-massal

Caleg incumbent DPRD Kabupaten Gianyar dari Partai Demokrat, I Ketut Karda, dipastikan lolos dan bertahan menjadi anggota DPRD Gianyar untuk ketiga kalinya.

GIANYAR, NusaBali

Pendukung Karda, yakni warga Desa Pakraman Laplapan, Petulu, Ubud, Gianyar pun bayar kaul dengan cara gundul massal yang digelar, Minggu (12/5)  malam. Warga memenuhi janjinya, lantaran caleg Ketut Karda asal desa setempat berhasil lolos di tengah badai bansos partai penguasa. Tidak hanya  itu, warga sekampung  juga bayar kaul berjalan kaki sejauh puluhan kilometer menuju Istana Tampaksiring. Warga juga mengalungkan bunga pada Karda. Sebagaimana diketahui, pasca  hasil pleno KPU, caleg yang posisi suaranya sempat membuat waswas pendukungnya ini, akhirnya dipastikan lolos menjadi anggota DPRD Gianyar.

Sebanyak 25 orang warga langsung menggunduli kepalanya. Hari itu juga warga sekampung menjalankan kaulnya dengan berjalan kaki menuju depan Istana Kepresidenan di Istana Tampaksiring. Meski jaraknya cukup  jauh, hampir seluruh warga ambil bagian mulai dari anak-anak hingga manula ikut berjalan kaki. Anak-anak dan balita ini juga diikutkan dengan cara digendong oleh orangtuanya. Made Latra, koordinator kegiatan pembayaran kaul menyebutkan, Ketut Karda yang kader Partai Demokrat ini sudah sangat dirasakan kiprahnya selama duduk di kursi DPRD Gianyar.

Untuk itu, warga setempat pun kembali memberikan dukungan penuh saat pemilu  2019 ini.  Diakuinya, maraknya money politics dan badai bansos saat hajatan Pemilu lalu juga sempat mengkhawatirkan dirinya. Terkait aksi warganya, Ketut Karda pun merasa haru dan bangga. Dia mengucapkan terimakasih atas dukungan dan kepercayaan warga.  

“Aksi ini merupakan wujud rasa syukur pendukung saya atas pahitnya perjuangan,” katanya. Berbagai kaul yang diucapkan warga, secepat mugkin akan segera dibayarkan. Selain megundul dan jalan kaki, salah seorang warga juga sempat berkaul untuk mempersembahkan tari joged.

“Pembayaran kaul ini adalah kehendak warga. Syukurlah langsung dijalankan. Saya harap warga tak terus hanyut dalam eforia Pemilu dan bisa kembali menjalani rutinitasnya,” harap Karda. Untuk menambah kemeriahan dan keterlibatan warga setempat, kegiatan kaul jalan kaki itu dikemas menjadi jalan santai yang diikuti hampir seluruh warga. Bahkan, sejumlah hadiah menarik disediakan bagi peserta yang beruntung. Dari  data pleno KPU Gianyar, Ketut Karda lolos ke DPRD Gianyar meraup 2.501 suara. *nvi

loading...

Komentar