nusabali

Dua Siswa SMPN 2 Amlapura Lolos OSN Nasional

  • www.nusabali.com-dua-siswa-smpn-2-amlapura-lolos-osn-nasional

Sama-sama peringkat I, hanya saja Gede Sadhu Surya Guna masuk passing grade, Nyoman Adi Indranata tidak.

AMLAPURA, NusaBali

Sebanyak 10 siswa SMP se-Bali lolos ke OSN (Olimpiade Sains Nasional) Tingkat  Nasional di Jogjakarta. Ke sepuluh siswa itu masing-masing 3 siswa dari nomor mata pelajaran IPS, 4 siswa dari nomor mata pelajaran Matematika, dan 3  siswa dari mata pelajaran IPA. Dua siswa berasal dari SMPN 2 Amlapura yakni I Gede Sadhu Surya Guna dan I Nyoman Adi Tri Indranatha.

Gede Sadhu Surya Guna berlomba di mata pelajaran Matematika sedangkan Nyoman Adi Tri Indranatha pada mata pelajaran IPS. Mereka lolos setelah keluar sebagai juara di seleksi OSN Tingkat Provinsi Bali. Gede Sadhu Surya Guna sebagai peringkat I Matematika sekaligus masuk passing grade, sedangkan Nyoman Adi Indranata sebagai juara I, tidak masuk passing grade. Namun Gede Adi Indranata lolos sebagai perwakilan provinsi. Sebab, setiap provinsi dijatah 3 wakil, bagi yang tidak lolos melalui passing grade.

Kasek SMPN 2 Amlapura, I Wayan Gede Suastika, mengatakan jika peserta OSN Tingkat Provinsi Bali ada yang masuk passing grade, maka jatahnya ditambah 3 siswa sebagai perwakilan provinsi. Sebaliknya, jika tidak ada yang masuk passing grade, maka tetap berhak ikut ke OSN Nasional menggunakan jatah perwakilan setiap mata pelajaran, jatahnya tiga siswa. “Misalnya untuk mata pelajaran Matematika, dari SMPN 2 Amlapura sebagai juara OSN Tingkat Provinsi Bali sekaligus masuk passing grade, maka yang lolos ditambah 3 perwakilan. Sehingga di mata pelajaran Matematika yang lolos 4 siswa,” terang Gede Suastika, Sabtu (11/5).

Gede Sadhu Surya Guna mengaku perjuangan belum berakhir. “Lolos ke OSN Nasional, perjuangan masih panjang. Mesti mampu membuktikan juara di tingkat nasional,” ungkapnya. Baginya, pelajaran Matematika tidak sulit. Sebaliknya dianggap sebagai mainan. Sedangkan Nyoman Adi Indranatha mampu menjadi yang terbaik di OSN IPS. “Kami mempelajari IPS tidak melulu menghafal, terpenting inti mata pelajaran dikuasai selanjutnya dikembangkan,” jelasnya.

Siswa lainnya yang lolos ke OSN Nasional pada mata pelajaran Matematika yakni Ngakan Putu Bagus Aditya Pradnya dari SMPN 1 Gianyar, Putu Kavya Santha Guna dari SMPN 3 Denpasar, dan AA Gde Krisna Kesuma Wijaya dari SMPN 1 Denpasar. Pada mata pelajaran IPA yakni Jose Damara Hadriana dari SMPK2 Jembrana, Mochammad Annas Firmansyah dari MTsN 3 Jembrana, dan Putu Prianka Putri Widiastari dari SMPN 1 Denpasar. Sedangkan pada mata pelajaran IPS masing-masing I Nyoman Adhi Tri Indranatha dari SMPN 2 Amlapura, Ni Putu Elsa Nitania Putri dari SMPN 1 Tabanan, dan I Putu Indra Pramana Putra dari SMPN 2 Ubud, Gianyar. *k16

loading...

Komentar